Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim pihaknya  menghancurkan lima jet tempur SU-27 Ukraina dan merusak dua lagi lapangan terbang Myrhorod di wilayah Poltava Ukraina dengan rudal Iskander-M.

Kementerian menerbitkan rekaman serangan yang menunjukkan asap dan api membubung dari lapangan terbang.

“Akibat serangan Rusia, lima pesawat tempur multiguna SU-27 yang aktif hancur dan dua lainnya rusak,” kata kementerian itu dilansir Reuters, Selasa, 2 Juli.

Rusia menargetkan lapangan terbang Ukraina saat Kyiv bersiap menerima F-16 pertama rancangan AS yang telah berjanji akan dihancurkan oleh Moskow.

Sebelumnya, sistem pertahanan udara Rusia menghancurkan 36 drone yang diluncurkan Ukraina di tiga wilayah yang berbatasan dengan Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan delapan belas drone ditembak jatuh di wilayah Bryansk di barat Rusia, sembilan hancur di wilayah Kursk di selatan Bryansk dan sembilan di wilayah Belgorod.

Gubernur wilayah Bryansk dan Kursk mengatakan melalui Telegram, tidak ada korban luka atau kerusakan parah akibat serangan tersebut.

Kyiv mengatakan serangan terhadap infrastruktur militer, transportasi, dan energi Rusia merupakan respons terhadap serangan berkelanjutan Moskow di wilayah Ukraina sejak dimulainya invasi Rusia ke Ukraina pada tahun 2022.