Bagikan:

BOGOR - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang jadi calon presiden dari PDI Perjuangan akan berjuang sebaik mungkin. Dia bertekad memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 setelah diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Dengan mengucap bismillah, insyaallah kami akan laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," kata Ganjar di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 21 April.

Ganjar menjelaskan ini bukan kali pertamanya mendapatkan mandat khusus dari Megawati. Sebagai kader sudah banyak tugas yang pernah diterimanya seperti membentuk badan penanggulangan bencana dan departemen otonomi daerah.

Tak hanya itu, Ganjar juga menjadi anggota DPR RI selama dua periode dan kepala daerah hingga saat ini selama dua periode. Sehingga, dia berharap bisa menjalankan amanah sebagai capres PDIP.

"Sampai hari ini, (Megawati, red) memberikan penugasan sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode dan ibu memberikan amanah kepada saya yang jauh lebih besar," kata Ganjar.

"Mudah-mudahan saya mampu, insyaallah, saya akan berjuang dengan baik sebagai capres," katanya.

Diberitakan sebelumnya, PDI Perjuangan (PDIP) akhirnya resmi mengumumkan Ganjar Pranowo yang selama ini disebut-sebut sebagai si Rambut Putih sebagai sosok yang bakal jadi penerus Joko Widodo di Pilpres 2024. Pengumuman secara resmi disampaikan Megawati Soekarnoputri, Jumat, 21 April.

"Pada jam 13.45 WIB, menetapkan Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon presiden dari PDIP," kata Megawati di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 21 April.

Megawati juga didampingi Presiden Joko Widodo dan Ketua DPR Puan Maharani. Hadir juga Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.