Ganjar Pranowo Diperlakukan Istimewa Petinggi PDIP Usai Diumumkan sebagai Capres 2024
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar Pranowo diusung PDIP sebagai capres 2024/DOKUMENTASI PDIP

Bagikan:

BOGOR - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat perlakuan istimewa setelah diumumkan sebagai calon presiden (capres) yang diusung PDI Perjuangan (PDIP).

Pengumuman ini disampaikan secara langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat.

Momen perlakuan istimewa terjadi ketika Ganjar dipanggil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai diumumkan sebagai capres. Setelah masuk ke ruangan pengumuman, dia membungkukkan badannya ke Megawati hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga Ketua DPP Puan Maharani serta Prananda Prabowo yang turut menjabat sebagai Kepala Situation Room.

Hasto kemudian bergeser saat Ganjar hendak ingin duduk di depan. Begitu juga dengan Prananda, setelah bersalaman, kursi yang tadinya ditempatinya diserahkan dan diduduki kader PDIP itu.

Setelah Ganjar duduk yang ada di sebelah Megawati, Prananda kemudian menduduki kursi yang baru ditambahkan.

Berikutnya, Megawati secara simbolis memakaikan kopiah dengan disaksikan para kader secara langsung maupun virtual. Prosesi pemakaian kopiah ini pin mendapat sambutan dari para elite PDIP yang hadir.

Usai memakaikan kopiah, Megawati mengatakan kopiah merupakan simbol dari identitas budaya Indonesia.

"Kita melihat budaya orang Indonesai itu berkopiah, dan Bung Karno mengatakan itu identitas dari nasionalisme kita, yang disebut nasionalis religius," kata Megawati saat itu.

"Semoga ini bisa menjadi simbol semua rakyat, siapapun, tidak melihat agamanya," sambungnya.

Sebelumnya, Ganjar akan berjuang sebaik mungkin setelah ditunjuk sebagai capres dari PDIP. Dia bertekad memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Dengan mengucap bismillah, insyaallah kami akan laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," kata Ganjar di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 21 April.

Ganjar menjelaskan ini bukan kali pertamanya mendapatkan mandat khusus dari Megawati. Sebagai kader sudah banyak tugas yang pernah diterimanya seperti membentuk badan penanggulangan bencana dan departemen otonomi daerah.

Tak hanya itu, Ganjar juga menjadi anggota DPR RI selama dua periode dan kepala daerah hingga saat ini selama dua periode. Sehingga, dia berharap bisa menjalankan amanah sebagai capres PDIP.

"Sampai hari ini, (Megawati, red) memberikan penugasan sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode dan ibu memberikan amanah kepada saya yang jauh lebih besar," kata Ganjar.

"Mudah-mudahan saya mampu, insyaallah, saya akan berjuang dengan baik sebagai capres," pungkasnya.