Peneliti Ungkap Dua Cangkir Teh Sehari Tingkatkan Kualitas Tidur dan Manajemen Stres
Ilustrasi. (Unsplash/Double e)

Bagikan:

JAKARTA - Jika secangkir teh dapat melakukan lebih dari sekedar menghangatkan Anda dan memberikan kenyamanan, manfaat apa saja yang akan kita dapatkan dengan rutin meminum teh di kehidupan sehari-hari?

Menurut tinjauan sistematis baru dari 33 penelitian berbeda, termasuk delapan uji coba intervensi manusia, minum teh dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan manajemen stres.

Kajian tersebut menemukan bahwa beberapa jenis teh, termasuk teh hitam biasa, teh hijau, German Chamomile, Lavender, Rose, Jasmine dan Passionflower, mengandung senyawa aktif yang dapat meningkatkan relaksasi dan mengurangi stres.

Secara khusus, teh merupakan sumber alami L-Theanine, asam amino yang memiliki efek langsung pada otak, membantu mengaktifkan jalur yang menurunkan stres dan menciptakan ketenangan dan relaksasi.

Dr. Tim Bond, anggota Panel Penasihat Teh dan penulis studi tersebut mencatat, dengan meminum minimal dua cangkir sehari, teh hijau, oolong dan "cuppa" Inggris klasik telah terbukti memiliki manfaat.

"Teh adalah sumber alami utama L-theanine dalam makanan kita. Teh dan infus herbal juga mengandung berbagai polifenol yang bertindak sebagai antiperadangan dan antioksidan yang dapat berkontribusi untuk tidur nyenyak," jelas Dr. Bond kepada The National News seperti dikutip 15 April.

minum teh
Ilustrasi. (Unsplash/Thandy Yung)

"Flavonoid, apigenin, hadir dalam chamomile, dianggap bertanggung jawab atas efek tidur chamomile," sambungnya,

Studi yang ditugaskan oleh TAP dan ditulis oleh ahli nutrisi dan kesejahteraan juga menemukan, sementara infus teh herbal lebih dikenal karena sifat menenangkannya, mereka juga dapat menurunkan stres dan membuat tidur lebih nyenyak.

Bukan rahasia lagi, tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Menurut hasil penelitian dari Inggris, Amerika Serikat dan Belanda, satu dari empat orang dewasa tidur kurang dari 7-9 jam per malam yang direkomendasikan.

Wanita di atas 40 tahun terkena dampak terburuk, dengan durasi tidur terpendek dan efisiensi tidur yang buruk. Sementara, separuh remaja tidur kurang dari 8-10 jam malam yang optimal untuk kelompok usia mereka.

Minum teh dapat membantu memutus lingkaran setan stres dan kurang tidur, saran ulasan tersebut.

Lebih lanjut Dr, Bond mengatakan, penelitian terhadap 18 sukarelawan muda menemukan, aroma teh hitam dan teh Darjeeling, sebelum dikonsumsi, membantu mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Berikutnya, minum teh bunga gairah ditemukan untuk meningkatkan kualitas tidur dalam penelitian terhadap 41 orang dewasa, sementara dua cangkir teh hijau matcha setiap hari secara signifikan mengurangi tingkat kecemasan pada orang dewasa muda.

"Enam minggu teh hitam (biasa) menurunkan kadar hormon stres dan meningkatkan relaksasi pada sekelompok pria yang diminta untuk melakukan tugas-tugas mental yang membuat stres. Orang dewasa lanjut usia yang minum teh lavender dua kali sehari memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang lebih rendah," ungkap Dr. Bond.

Diketahui, tidur yang buruk telah dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2, obesitas, hipertensi, depresi, dan gangguan fungsi kekebalan tubuh. Itu juga dapat mempengaruhi kinerja kognitif dan menghambat pengambilan keputusan.

Dr. Gill Jenkins, seorang dokter umum, memperingatkan tentang risiko kesehatan dari terlalu sedikit tidur berkualitas tinggi. Dia mencatat, tidur kurang dari enam jam semalam telah ditemukan untuk meningkatkan kadar protein C-reaktif dan meningkatkan penanda kerusakan hati.

Memasukkan dua cangkir teh ke dalam rutinitas malam kita dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam kualitas tidur dan kesehatan kita secara keseluruhan, menurut ulasan tersebut.

"Perubahan gaya hidup termasuk minum teh dan kebersihan tidur dapat membuat perbedaan," pesan Dr Bond.