Ada Larangan Masuk, Sejumlah Pembalap Israel Ikut Reli Dakar di Arab Saudi
Ilustrasi reli. (Gabriel Aguirre/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah pembalap asal Israel diketahui berpartisipasi dalam balap mobil Reli Dakar 2021 yang digelar di Arab Saudi pada 3-15 Januari lalu. 

Partisipasi pembalap Israel ini terjadi di tengah larangan memasuki Arab Saudi bagi warga Israel. Melansir Anadolu dari Times of Israel Senin 18 Januari, larangan masuk ini dikeluarkan oleh Kerajaan Arab Saudi.

Dua pembalap Israel Danny Pearl dan Charly Gotlib memasuki kerajaan dengan paspor Israel mereka untuk mewakili Belgia dalam perlombaan. Sementara dua orang Israel lainnya berpartisipasi di bawah tim CRV berbendera AS.

Ada pula dua pengemudi Israel yang ambil bagian di bawah perusahaan pengujian DNA Israel yang dikenal sebagai MyHerritage. Mereka ditemani oleh Nirit Ofir, peneliti di Ezri Center for Gulf Studies, yang mem-posting foto-foto dengan seorang pengemudi Arab Saudi dalam reli tersebut di akun Facebook-nya.

Menurut media Israel, pihak berwenang Arab Saudi mengetahui kehadiran para pembalap Israel dalam acara tersebut. Surat kabar sayap kanan Israel Arutz Sheva menyebut, pihak panitia meminta kehadiran mereka tetap dirahasiakan sampai meninggalkan Arab Saudi. 

Namun, tidak ada komentar dari otoritas Saudi atas klaim tersebut. Diketahui, Kerajaan Arab Saudi melarang warga negara Israel untuk masuk wilayah kerajaan, kecuali orang Palestina-Israel yang diizinkan masuk ke negara tersebut untuk ziarah keagamaan.