Monas Kembali Ditata, Heru Budi Tegaskan Tak Bakal Bongkar Hasil Revitalisasi Era Anies
Monumen Nasional (Monas) di Jakarta (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta akan kembali menata kawasan Monumen Nasional (Monas) menjadi lebih hijau. Sebelumnya, Monas telah direvitalisasi oleh Anies Baswedan saat masih menjabat Gubernur DKI.

Meski akan kembali ditata, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan hasil revitalisasi Monas di era Anies tidak akan dibongkar. Area yang direvitalisasi zaman Anies yakni pada Plaza Selatan Monas.

"Nggak ada (pembongkaran area hasil revitalisasi Monas era Anies). Kan hanya tambah dihijaukan. Di tembereng empat sisi (silang Monas) itu yang ditambahkan (penghijauan)," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 11 April.

Hari ini, Heru menggelar rapat pimpinan yang membahas penghijauan Monas bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kementerian Sekretariat Negara.

Penataan tahap pertama yang bakal dilakukan berupa penghijauan di keempat silang Monas, yakni di Silang Merdeka Daya Barat, Silang Monas Tenggara, Silang Monas Timur Laut, dan Silang Monas Barat Laut. Nantinya, jalur pejalan kaki akan dipersempit untuk penanaman rumput.

“Pagi hari ini kita membahas untuk kesekian kalinya, menyamakan persepsi konsep Monas ke depan. Intinya, konsep ini adalah menambah hijau, mulai dari yang awalnya 50 persen menjadi 64 persen," ujar Heru.

Dalam penataan tahap pertama tersebut, pemerintah juga akan membuat amfiteater sebagai arena penonton pertunjukan video mapping yang ditayangkan di tugu Monas.

Secara umum, pemerintah pusat bersama Pemprov DKI akan memperluas area hijau di kawasan Monas dari yang awalnya 50 persen menjadi 64 persen. Rencananya, pemerintah akan menambah penanaman 300 pohon di sejumlah titik secara bertahap.

Masterplan penataan kawasan Monas akan dibawa ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno selaku Ketua Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka untuk diminta persetujuannya sebelum melaksanakan pembangunan.

Rencananya, penataan Monas dilakukan sekitar bulan Juli atau Agustus. Ditargetkan, penghijauan area ikon nasional ini bakal selesai tahun 2024.

Terkait