Jelang Lebaran, Kemacetan di Tanah Abang Semakin Mengerikan
Suasana siang hari di kawasan Pasar Tanah Abang/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Bagikan:

JAKARTA – Masih dalam suasana bulan Ramadan, kawasan Pasar Tanah Abang semakin padat lalu lintas. Baik kendaraan pengunjung pasar maupun kendaraan yang hanya melintas saja. Pemandangan kemacetan luar biasa terlihat pada Senin, 10 April.

Kepadatan arus lalu lintas terjadi mulai Jalan H Fachrudin, Jalan Jembatan Tinggi hingga Jalan Kebon Jati di kawasan sekitar Pasar Tanah Abang.

Tidak terlihat adanya petugas polisi lalu lintas yang mengatur arus. Bahkan, kurangnya pengawasan dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta juga dimanfaatkan oleh sejumlah angkot dan bajaj yang parkir sembarangan.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejak pukul 13.00 WIB, kawasan tersebut sudah dipenuhi dengan kendaraan. Hal ini, nampak disebabkan padatnya kawasan tersebut di bulan Ramadan untuk berbelanja.

Disamping banyak angkot yang berhenti sembarangan, kemacetan juga diperparah dengan adanya parkir liar di pinggir jalan, kawasan Pasar Tanah Abang. Nampak pula tidak ada aparat yang bertugas menangani kemacetan.

Para pejalan kaki juga terlihat terpaksa melintasi di pinggir jalan. Sebab, pedestrian di Pasar Tanah Abang digunakan oleh para pedagang menggelar barang jualannya.

Tak jarang, pengendara jalan yang kesal karena kemacetan tersebut. Sebagian pengendara bahkan melontarkan teriakan berharap lalu lintas lancar.

"Woy maju, maju," teriak pengendara, Senin, 10 April.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Chaidir pernah mengatakan bahwa pihaknya melakukan persiapan untuk penertiban di lokasi tersebut.

"Kita sudah melakukan persiapan rapat terpadu mulai dari unsur Tiga Pilar Pemda, Polri dan TNI," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Chaidir saat dihubungi, Rabu, 29 Maret.

Chaidir mengatakan, jajarannya juga akan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat, Suku Dinas Sosial dan PD Pasar Jaya dalam menangani pasar Tanah Abang. Pembuatan posko - posko juga akan dilakukan.