Polda Kalsel Gelar Operasi Sikat Intan Tekan Kriminalitas Saat Ramadan
Kapolda Kalsel Irjen Andi Rian R Djajadi. ANTARA/Firman

Bagikan:

BANJARMASIN - Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Operasi Sikat Intan 2023 untuk menekan tindakan kriminalitas, khususnya kejahatan penyakit masyarakat selama Ramadan 1444 Hijriah.

"Operasi ini dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai 29 Maret lalu hingga 11 April 2023 oleh seluruh Polres jajaran," kata Kapolda Kalsel Irjen Andi Rian R Djajadi dilansir ANTARA, Sabtu, 1 April.

Adapun sasarannya seperti aksi premanisme, kata dia, warga yang membawa senjata tajam, perjudian serta minuman keras ilegal.

Kapolda memerintahkan anggotanya agar dapat meningkatkan patroli dengan menyisir wilayah rawan terjadinya penyakit masyarakat.

"Jangan sampai ada perjudian ataupun sekelompok orang mabuk-mabukan, semuanya harus ditindak guna memberikan rasa aman dan ketenangan masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa," ujarnya.

Masyarakat diminta bisa memberikan informasi kepada pihak kepolisian, jika mengetahui adanya aksi kriminalitas yang meresahkan di lingkungan sekitar masyarakat.

Kapolda juga mengingatkan kerawanan aksi pencurian terutama pada jam-jam tertentu seperti ketika rumah kosong ditinggal penghuninya untuk shalat tarawih di masjid.

"Oleh karena itu, masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan dengan cara memastikan kondisi rumahnya terkunci dengan aman termasuk kendaraan bermotor yang diparkir dapat diberikan kunci pengaman tambahan," ujarnya.