Atap Bangunan Kuil di India Runtuh dan Menimpa Jemaah: 35 Orang Tewas, 16 Luka-luka
Ilustrasi. (Wikimedia Commons/Tony Webster)

Bagikan:

JAKARTA - Sedikitnya 35 orang tewas dan 16 lainnya luka-luka setelah atap sebuah undakan di sebuah kompleks kuil runtuh di India tengah, seorang pejabat pemerintah setempat mengatakan pada Hari Jumat.

Insiden ini terjadi di Kota Indore, India tengah, setelah lempengan beton yang menutupi atap sebuah tangga di kompleks kuil runtuh, kemudian menimpa para jemaah yang tengah berkumpul untuk merayakan festival Hindu Ram Navami pada Hari Kamis, ujar para pejabat.

Undakan merupakan fitur umum di seluruh India, dibangun ratusan tahun yang lalu. Banyak di antaranya yang dihiasi dengan hiasan, dengan akses ke badan air melalui tangga dan ceruk.

"Undakan ini tertutup, tetapi lempengan yang menutupinya runtuh karena kerumunan orang dan beban tambahan di atasnya," kata Kepala Menteri Madhya Pradesh, Shivraj Singh Chouhan kepada para wartawan, melansir Reuters 31 Maret.

Sedikitnya 75 tentara dan personel penyelamat bekerja sepanjang hari untuk menyingkirkan puing-puing, menggunakan tali dan tangga untuk menarik keluar orang-orang yang jatuh ke dalam sumur, menurut laporan media setempat.

"Kami telah menyelamatkan 18 orang, 35 orang ditemukan tewas dan 16 lainnya terluka," Ilayaraja T, seorang pejabat tinggi pemerintah setempat, mengatakan kepada Reuters.

Terpisah, Perdana Menteri Narendra Modi menyampaikan belasungkawa, mengumumkan kompensasi bagi para korban tewas dan luka-luka dalam insiden tersebut.