Wagub Emil Dardak Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin COVID-19 di Jatim
Wagub Jatim Emil Dardak menjalani suntik vaksin COVID-19 di gedung Grahadi Surabaya, Kamis, 14 Januari (AM Sby/VOI)

Bagikan:

SURABAYA - Sebanyak 21menerima vaksin tahap pertama di Jawa Timur. Orang pertama yang menerima suntikan dosis vaksin COVID-19 di Jatim adalah Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak.

Pantauan VOI di lokasi, penyuntikan vaksin dilakukan di gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis, 14 Januari. Penyuntikan vaksin COVID-19 terhadap Emil ini dilakukan oleh Tim Dokter dari RSUD Dr Soetomo Surabaya. Emil disuntik di bagian lengan kiri.

Sebelum penyuntikan Emil, tampak berkonsultasi mengenai kondisi kesehatannya secara umum. Tim dokter juga menunjukkan kotak vaksin bertulis Sinovac sebelum menyuntikkan vaksin ke Emil.

Ketua Tim Kuratif Satgas Penanganan COVID-19 Jatim, Joni Wahyuhadi, yang mendampingi Emil mengatakan telah disiapkan prosedur pemberian vaksin. 

"Ada empat meja yang sudah disiapkan yang pertama adalah pendaftaran, yang kedua pengecekan kesehatan, kemudian meja ketiga vaksinasi dan meja keempat untuk observasi," kata Joni yang juga Direktur Utama RSU dr Soetomo Surabaya ini.

Dia mengatakan, segala kemungkinan yang berkaitan dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) juga sudah disiapkan. 

"Di dalam Grahadi kita siapkan mini ICU, juga kita siapkan mobil ambulans yang bisa langsung ke RSU dr Soetomo bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Joni. 

Setelah Emil Dardak, sejumlah pejabat Forkopimda Jatim turut diberikan suntikan dosis pertama vaksin Sinovac. Meski demikian, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan tidak ikut disuntik vaksin, karena positif covid-19.

Sementara itu Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta yang sebelumnya menyatakan siap menerima vaksin pertama di Jatim, tidak hadir dalam vaksinasi kali ini. Belum diketahui pasti alasan ketidakhadirannya.

Setelah Emi Dardakl, orang kedua yang menerima vaksin adalah Wakapolda Jatim Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo, Pangdam V/Brawijaya Suharyanto, Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak, Kajati Jatim Mohamad Dhofir, dan Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono. 

Kemudian suntik vaksin COVID-19 dilanjutkan oleh Ketua IDI Jatim Sutrisno, Kabiddokes Polda Jatim Hisbullah Huda, Kepala BBPOM Surabaya Rustiawati, Dirut RSU dr Soetomo dr Joni Wahyuhadi.

Ada juga Dekan FKM Unair Santi Martini, Deputi Direktur BPJS Kesehatan Jatim I Made Puja Yasa, Ketua PPNI Jatim Nursalam, Ketua SPSI Ahmad Fauzi, Anggota PGRI Teguh Sumarsono.