Bagikan:

YOGYAKARTA - Memang, terdapat beraneka ragam tipe aksi kejahatan pencucian uang di Indonesia. Masa hukuman dari pelaku yang terbukti melakukan pelanggan TPPU ini pula berbeda- beda, cocok dengan tipe serta modus operandi. Ya, terdapat banyak modus operandi yang dipakai oleh tersangka pelaksana. Kali ini Kita bakal belajar terkait jenis-jenis tindak pidana pencucian uang.

Tujuannya pasti buat mencegah peninggalan supaya tidak dibekukan oleh penyidik. Seorang dapat saja terserang pasal berangkap bila melaksanakan aksi kejahatan pencucian uang hasil dari penggelapan. Alhasil, masa hukuman pula bakal diperberat. Karena, pelaksana melanggar UU mengenai penggelapan serta pencucian duit.

Oleh sebab itu, terdakwa pencucian uang ini sering mendapat hukuman yang berat. Tidak hanya hukuman kurungan badan, terdakwa pula mendapat hukuman denda. Hingga dari itu, Kalian wajib tahu apa saja aksi pidana yang juga bisa dijerat dengan pasal pencucian uang. 

Jenis-Jenis Tindak Pidana Pencucian Uang

Pemerintah memang sudah memutuskan hukum khusus yang mengontrol mengenai penanggulanan dan penangkalan pencucian uang. Memang, terdakwa pelaku pencucian duit ini sudah merugikan Negeri sampai triliunan rupiah.

Namun demikian, praktek pencucian duit ini amat susah buat dibongkar. Tetapi, ada banyak jenis serta modus operandi yang dicoba oleh terdakwa. Alhasil, pelaku sering bebas dari sanksi tindak pencucian duit sebab tidak bisa dibuktikan di sidang.

Buat itu, Kalian harus ketahui apa saja tipe aksi kejahatan pencucian uang yang sudah diatur oleh pemerintah. Antara lain yakni sebagai berikut ini: 

Korupsi

Seperti yang Kalian tahu kalau pencucian duit tidaklah aksi pidana tunggal. Terdapat beberapa aspek pendorong yang membuat orang melaksanakan praktek money laundry ini. Salah satunya merupakan korupsi.

Supaya uang hasil korupsi tidak bisa dilacak, maka tersangka bakal menerapkan praktik pencucian uang. Terdapat banyak modus money laundry yang dipakai oleh tersangka korupsi. Perihal ini pasti saja merepotkan pemeriksa buat menyampaikan fakta di sidang. 

Transaksi Narkoba

Jenis aksi kejahatan pencucian uang berikutnya merupakan bisnis narkoba. Buat menyembunyikan peninggalan hasil jual- beli narkoba, pasti saja seorang pula bakal mengaplikasikan pencucian uang. Triknya, pelakon senantiasa memakai rekening orang lain buat menaruh uang.

Terdapat banyak ilustrasi permasalahan aksi pencucian uang dari hasil narkoba yang memakai modus itu. Modus ini pula merepotkan penyidik buat menyampaikan perkara TPPU.

Penipuan

Dan tipe yang terakhir merupakan penipuan. Hasil penipuan ataupun kecurangan ini pula bakal dicuci oleh terdakwa. Tujuannya supaya penyidik tidak menemukan fakta buat menjerat terdakwa. Alhasil, pelakon dapat saja bebas dari seluruh dakwaan bila penyidik tidak mendapatkan bukti. 

Jadi setelah mengetahui jenis-jenis tindak pidana pencucian uang, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!