Profil Arteria Dahlan yang Main Gertak dengan Mahfud MD saat RDP TPPU
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP, Arteria Dahlan. (dok. Humas DPR)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Arteria Dahlan memang tak pernah lepas dari sorotan. Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP ini kerap melontarkan pernyataan yang membuat heboh.

Terbaru, Arteria Dahlan main gertak dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi III DPR dengan Komite Nasional Koordinasi Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (KNK-PP-TPPU). Rapat tersebut membahas transaksi mencurigakan dugaan TPPU di Kementerian Keuangan sebesar Rp 349 triliun.

Dalam rapat tersebut, Arteria mengancam bakal memperkarakan Mahfud MD apabila tak mencabut ucapannya soal anggota DPR makelar kasus (markus).

"Saya minta ini Prof cabut, atau nanti saya juga perkarakan ini," ucap Arteria.

Lantas, seperti apa sosok Arteria Dahlan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut profil beserta rekam jejaknya di dunia politik.

Profil Arteria Dahlan  

Arteria Dahlan merupakan anggota Komisi III DPR RI fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ia maju sebagai caleg lewat Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur IV di Pemilu 2019.

Sebelum berkarier di DPR, Arteria berprofesi sebagai pengacara dan pemilik Kantor Hukum Arteria Dahlan Lawyers.

Di Partai yang dipimpin oleh Megawati, Arteria menjabat sebagai Ketua Badan Bantuan Hukum dan Advokasi.

Arteria tercatat pernah menangani sejumlah perkara pilkada calon-calon dari PDIP, seperti Rieke Dyah Pitaloka dan Teten Masduki dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat dan AA Ngurah Puspayoga dan pemilihan Gubernur Bali, serta Effendi Simbolon dan Djumiran Abdi dalam Pemilihan Gubernur Sumatera Utara.

Pada tahun 2014 hingga 2019, Arteria Dahlan menjadi anggota Komisi II DPR RI yang membidangi Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur dan Reformasi Birokasi dan Kepemiluan.

Pia kelahiran Jakarta 17 Juli 1975 ini mengawali kariernya di bidang hukum, mulai dari kantor Hukum Hutabarat, Halim & Rekan pada tahun 2000.

Kemudian pada tahun 2006, Arteria menjadi Partner di Firma Hukum Bastaman & Co. Tiga tahun setelahnya, atau pada 2009, Arteria mendirikan kantor hukum sendiri yang bernama Arteria Dahlan Lawyers.

Semasa berkerier sebagai lawyers, Arteria aktif beroganisasi. Ia pernah menduduki kursi Wakil Sekretaris Jenderal DPP Serikat Pengacara Indonesia (DPP SPI). Arteria jug pernah menjadi dewan penasihat lembaga kajian keilmuan Fakultas Hukum Indonesia pada 1999-2015.

Dikutip dari laman resmi DPR RI, berikut rincian riwayat organisasi Arteria Dahlan:

  • Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat (BalitbangPus) DPP PDI Perjuangan, Sebagai: Deputi Bidang Hukum. Tahun: 2017 – sekarang.
  • DPP PDI Perjuangan, Sebagai: Anggota Bidang Politik dan Keamanan. Tahun: 2017 – sekarang.
  • Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), Sebagai: Anggota Dewan Pembina Pusat. Tahun: 2017 – sekarang.
  • Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Minang, Sebagai: Wakil Ketua Umum. Tahun: 2017 – sekarang.
  • Badan Pemenangan Pemilu Pusat DPP PDI Perjuangan, Sebagai: Koordinator Deputi Pengamanan Suara. Tahun: 2017 – sekarang.
  • Gerakan Honorer Kategori II Bersatu (GHK2IB), Sebagai: Ketua Dewan Pembina. Tahun: 2016 – sekarang.
  • Lembaga Bantuan Hukum & Advokasi Arteria Dahlan, Sebagai: Dewan Kehormatan. Tahun: 2015 – sekarang.
  • Arteria Dahlan Center, Sebagai: Ketua Dewan Pembina. Tahun: 2015 – sekarang.
  • PDI Perjuangan, Sebagai: Kepala Badan Bantuan Hukum & Advokasi Pusat. Tahun: 2010 – 2015
  • DPP Taruna Merah Putih, Sebagai: Ketua Bidang Hukum & Advokasi. Tahun: 2010 – 2015.
  • Serikat Pengacara Indonesia, Sebagai: Wakil Sekretaris Jenderal DPP. Tahun: 2006 – 2015.
  • Lembaga Kajian Keilmuan Fakultas Universitas Indonesia , Sebagai: Dewan Penesehat. Tahun: 1999 – sekarang
  • Inter Pacific Bar Association (IPBA), Sebagai: Anggota.

Selain aktif di organisasi, Arteria Arteria juga menjadi advokat di kasus-kasus dan organisasi yang sarat dengan konflik.

Asal tau saja, Arteria pernah menjadi kuasa hukum PSSI dan diperbantukan dalam Tim Legal Sekretariat PSSI (2006-2009) serta menjadi Legal Advisor Komite Normalisasi PSSI di tahun 2011.

Demikian informasi tentang Arteria Dahlan, Anggota Komisi III DPR yang main gertak dengan Maahfud MD. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.