Finlandia Kembali Puncaki Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia, Bagaimana Posisi Rusia dan Ukraina yang Dilanda Perang?
Finlandia. (Wikimedia Commons/Olga1969)

Bagikan:

JAKARTA - Finlandia kembali menjadi negara paling bahagia di dunia untuk kali keenam berturut-turut, menurut peringkat World Happiness Report yang sebagian besar didasarkan pada evaluasi kehidupan dari Gallup World Poll.

Negara Nordik ini dan negara-negara tetangganya, Denmark, Islandia, Swedia dan Norwegia, memiliki nilai yang sangat baik dalam berbagai ukuran meliputi: angka harapan hidup yang sehat, PDB per kapita, dukungan sosial, korupsi yang rendah, kedermawanan dalam masyarakat yang saling membantu, serta kebebasan untuk membuat keputusan-keputusan penting dalam hidup.

"Apakah mereka melakukan hal-hal yang kita harapkan bisa kita lihat sebelumnya dan bisa kita mulai lakukan? Atau apakah ada sesuatu yang unik tentang iklim dan sejarah mereka yang membuat mereka berbeda? Dan untungnya, setidaknya dari sudut pandang saya, jawabannya adalah yang pertama," kata John Helliwell, salah satu penulis World Happiness Report, melansir CNN 20 Maret.

islandia
Islandia. (Wikimedia Commons/PDTillman)

Selain negara-negara Nordik, peringkat 10 besar diisi oleh Israel yang naik ke peringkat 4 tahun ini dari peringkat 9 tahun lalu. Belanda (5), Swiss (8), Luksemburg (9) dan Selandia Baru (10). Sementara di daftar 20 besar bercokol negara-negara seperti Australia (12), Kanada (13), Irlandia (14), Amerika Serikat (15) dan Inggris (19).

Meskipun negara-negara yang sama cenderung muncul di 20 besar dari tahun ke tahun, ada pendatang baru tahun ini: Lithuania. Negara Baltik ini terus mengalami peningkat signifikan selama enam tahun terakhir, dari peringkat 52 di tahun 2017 ke peringkat 20 di daftar terbaru.

"Pada dasarnya ini adalah cerita yang sama dengan yang terjadi di Eropa Tengah dan Timur," terang Helliwell, profesor emeritus di Vancouver School of Economics, University of British Columbia

Negara-negara di wilayah-wilayah tersebut "mungkin telah menormalkan transisi pasca-1990 dan (merasa) lebih solid dengan identitas baru mereka" seiring berlalunya waktu, ujarnya.

denmark
Denmark. (Wikimedia Commons/Paasikivi)

Adapun di peringkat terbawah, ada nama Afghanistan di peringkat ke 137. Setingkat di atasnya adalah Lebanon di peringkat ke 136. Evaluasi kehidupan rata-rata di negara-negara ini lebih dari lima poin lebih rendah (pada skala 0 sampai 10) dibandingkan dengan 10 negara paling bahagia.

Sementara itu, invasi Rusia ke Ukraina membuat kedua negara ini menjadi sorotan dunia, saat laporan tahun 2022 ini dirilis. Meski perang memukul Ukraina, evaluasi kehidupan pada September 2022 tetap lebih tinggi daripada setelah aneksasi 2014, didukung oleh rasa yang lebih kuat akan tujuan bersama, kebajikan, dan kepercayaan terhadap kepemimpinan Ukraina," kata laporan itu. Dalam peringkat tahun ini, Rusia berada di peringkat 70 dan Ukraina di peringkat 92.

Menariknya, kebahagiaan global dikatakan tidak terpukul dalam tiga tahun pandemi COVID-19. Evaluasi kehidupan dari tahun 2020 hingga 2022 telah "sangat tangguh," kata laporan itu, dengan rata-rata global pada dasarnya sejalan dengan tiga tahun sebelum pandemi.

"Bahkan selama tahun-tahun yang sulit ini, emosi positif tetap dua kali lebih banyak daripada emosi negatif, dan perasaan dukungan sosial yang positif dua kali lebih kuat daripada perasaan kesepian," terang Helliwell.

Diketahui, laporan yang merupakan publikasi dari Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB ini, mengacu pada data survei global dari orang-orang di lebih dari 150 negara.

Negara-negara diberi peringkat kebahagiaan berdasarkan evaluasi kehidupan rata-rata mereka selama tiga tahun sebelumnya, dalam hal ini tahun 2020 hingga 2022.

Laporan yang dirilis pada 20 Maret ini mengidentifikasi negara-negara yang paling bahagia, mereka yang berada di bagian paling bawah dari skala kebahagiaan dan segala sesuatu di antaranya, ditambah faktor-faktor yang cenderung mengarah pada kebahagiaan yang lebih besar.

Tanggal 20 Maret adalah Hari Kebahagiaan Internasional, sebuah hari yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa yang akan menandai ulang tahunnya yang ke-10 pada tahun 2023.

Negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2023

  1. Finlandia
  2. Denmark
  3. Islandia
  4. Israel
  5. Belanda
  6. Swedia
  7. Norwegia
  8. Swiss
  9. Luksemburg
  10. Selandia Baru
  11. Austria
  12. Australia
  13. Kanada
  14. Irlandia
  15. Amerika Serikat
  16. Jerman
  17. Belgia
  18. Republik Ceko
  19. Inggris
  20. Lithuania