Tingkatkan Patroli, Kapolda Kalsel Jamin Keamanan Ramadan
Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Andi Rian R Djajadi. (ANTARA/Firman)

Bagikan:

BANJARMASIN - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Andi Rian R Djajadi menyebut situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terjaga kondusif memasuki awal Ramadan 1444 Hijriah yang dimulai hari ini.

"Alhamdulillah laporan 13 polres semuanya berjalan aman dan lancar yang ditandai ramainya jamaah mengikuti Salat Tarawih tadi malam di masjid dan mushala," kata Irjen Andi Rian di Banjarmasin dilansir ANTARA, Kamis, 23 Maret.

Situasi Ramadan tahun ini menurutnya menjadi titik balik setelah penularan COVID-19 mulai terkendali sejak 2022 lalu.

Hal ini menjadi kegembiraan bagi masyarakat yang sekarang bisa melaksanakan kegiatan ibadah berjamaah selama Ramadhan tanpa khawatir penularan COVID-19.

Begitu juga aktivitas ekonomi, menurutnya semakin tumbuh berkembang tanpa adanya pembatasan sosial alias seperti dulu lagi sebelum pandemi.

Menyikapi ramainya aktivitas masyarakat pada Ramadan tahun ini baik kegiatan keagamaan maupun sosial ekonomi, Kapolda pun menekankan kepada anggotanya bisa mengawal semuanya agar berjalan lancar.

Kapolda Kalseel menyebut peningkatan kerawanan tindak kejahatan juga patut diwaspadai seiring tingginya aktivitas masyarakat sepanjang Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idulfitri nanti.

"Berikan rasa aman di tengah masyarakat dengan peningkatan patroli dan kehadiran anggota sesering mungkin di lapangan terutama di area publik yang padat orang," jelasnya.