Pemprov Jatim Upayakan Reaktivasi Jalur Kereta di Madura
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak menyampaikan paparan terkait rencana reaktivasi jalur kereta api di Madura dalam sebuah forum diskusi di Surabaya, Selasa (21/3/2023). (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim)

Bagikan:

SURABAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur mengupayakan pembangunan reaktivasi jalur kereta api di Pulau Madura menjadi prioritas utama.

Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Emil Elestianto Dardak menjelaskan menurut Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di kawasan Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan, Kawasan Bromo - Tengger - Semeru, serta Kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan ini, upaya reaktivasi jalur kereta di Pulau Madura masuk dalam prioritas ketujuh.

"Sebagai prioritas ketujuh, reaktivasi jalur kereta di Madura menurut Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 telah mendapatkan porsi anggaran senilai Rp3,35 triliun," katanya di Surabaya dilansir ANTARA, Selasa, 21 Maret.

Karena telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019, Wagub Emil optimistis rencana reaktivasi jalur kereta api di Pulau Madura mendapat lampu hijau dari pemerintah pusat.

"Tetapi kita juga harus melihat pasti siklusnya. Mungkin eksekusinya belum di tahun ini. Tapi akan direncanakan," ujarnya.

Wagub Emil berharap percepatan reaktivasi jalur kereta di Madura dapat diperkuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2024-2029.

Karena itu Pemprov Jatim mengupayakan agar rencana reaktivasi kereta api Madura itu didorong menjadi nomor satu, mengingat imbas penguatan ekonomi bagi Pulau Madura.

"Gubernur Khofifah Indar Parawansa telah mengirim surat kepada Kementerian Perhubungan untuk melakukan percepatan reaktivasi jalur kereta di Madura pada Februari lalu," katanya.

Wagub Emil menerangkan permasalahan yang diperkirakan muncul dalam proses reaktivasi jalur kereta api di Madura salah satunya adalah pembebasan lahan. "Upaya reaktivasi jalur kereta api ini melibatkan 14 stasiun dan 97 jembatan. Namun ada titik-titik tertentu yang butuh perhatian khusus," katanya.

Berdasarkan studi kelayakan yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait reaktivasi jalur kereta api di Madura, tercatat rata-rata angka peralihan preferensi moda transportasi dari mobil ke kereta api sebanyak 23,90 persen. Selain itu dari motor ke kereta api sebanyak 12,04 persen. Sedangkan dari angkutan barang ke kereta api 32,94 persen.

Di sisi lain, Madura masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus terus digenjot, seperti angka pengangguran dan pertumbuhan sektor pendorong ekonomi.

Wagub Emil menjelaskan struktur ekonomi di Madura sebesar 31 persen pertanian primer. Menurutnya sektor pertanian seharusnya mampu mengungkit industri, perdagangan dan pertambangan masing-masing sebesar 15 persen.

"Tetapi 15 persen industri sampai hari ini masih belum muncul di Madura," ucapnya.

Dia berharap upaya peningkatan infrastruktur transportasi melalui reaktivasi jalur kereta api di Madura dapat berjalan seiring dengan kesiapan masyarakat demi mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

"Mudah-mudah upaya ini mampu menjadi salah satu gebrakan yang dapat meningkatkan perekonomian Madura, tentu dengan kolaborasi yang dibangun antar-pemerintah, tokoh agama, dan tokoh masyarakat untuk berdampingan memajukan Madura," tuturnya.