Menhub dan Bupati Sumenep Bahas Peluang Hidupkan Jalur Kereta Api di Madura
Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) dan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. (VOI/Mery Handayani)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membuka peluang untuk melakukan reaktivasi atau menghidupkan kembali jalur kereta api (KA) sepajang 200 km di Madura.

Hal ini disampaikan usai dirinya beraudiensi dengan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi di Kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu 17 Mei.

Lebih lanjut, Budi mengatakan melakukan kajian terhadap rencana reaktivasi atau menghidupkan kembali jalur KA di Madura tersebut.

“Memang di Madura harus dikembangkan angkutan yang lebih massal seperti kereta api. Tetapi ini harus didetailkan lagi studinya dan kami apresiasi jika ada swasta yang mau bekerjasama,” katanya dalam keterangan resmi ditulis Kamis, 18 Mei.

Budi juga mengaku siap untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatan konektivitas di Pulau Madura. Termasuk mendukung peningkatan pelayanan sarana dan prasarana transportasi yang ada di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur dan daerah lainnya di Pulau Madura.

“Sesuai arahan Presiden bahwa Madura mendapat perhatian dan kami secara intensif mengupayakan itu. Saat masa mudik Lebaran, saya tugaskan khusus Dirjen Perhubungan Laut untuk memastikan aksesibilitas dari dan ke Madura berjalan baik, dan Alhamdulillah pelaksanaannya relatif tidak ada masalah,” ucap Budi.

Menurut Budi, aksesibilitas dari dan ke Sumenep sudah cukup lengkap. Salah satunya yaitu dengan dibangunnya Bandara Trunojoyo.

“Penerbangan komersil akan terus ditingkatkan melalui kerjasama Pemda, Maskapai dan juga Kemenhub. Dengan bangunan terminal bandara yang cukup luas, bisa dimanfaatkan untuk pengembangan UMKM,” katanya.

Lebih lanjut, Budi menyampaikan, pembangunan kapal roro akan dilakukan untuk memperlancar pergerakan kendaraan dan logistik.

“Komoditi pertambangan dan logistik lainnya secara point to point bisa diangkut langsung ke pabrik, sehingga biaya lebih ekonomis dan perjalanan lebih cepat,” ujarnya.

Sekadar informasi, kedatangan Bupati Sumenep Bupati Achmad Fauzi ke Kementerian Perhubungan untuk menyampaikan sejumlah permasalahan, di antaranya yaitu optimalisasi Bandara Trunojoyo, pembukaan penerbangan perintis, dan reaktivasi jalur kereta api di Madura.

Khusus untuk reaktivasi atau menghidupkan kembali jalur kereta api di Madura, Fauzi berharap akan memperlancar aksesibilitas dan mengefisienkan biaya transportasi.