Kepala BIN: Aura Pak Jokowi Sebagian Pindah ke Pak Prabowo
Tangkap layar video Kepala BIN Budi Gunawan di hadapan Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengatakan, aura presiden sudah sebagian berpindah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Pernyataan ini disampaikan saat Budi bicara di sela peresmian Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) dan peluncuran produk-produk kreatifitas di Jayapura, Papua. Awalnya, dia menyinggung seringnya Prabowo mendampingi Presiden Jokowi di berbagai acara.

"Kita semua mengamati akhir-akhir ini Pak Prabowo sering berpergian bersama Pak Jokowi. Beberapa kali Pak Prabowo juga menyatakan Pak Jokowi adalah gurunya. Guru beliau," kata Budi dalam tayangan video yang dikutip Selasa, 21 Maret.

Saat menyampaikan hal tersebut, Budi mendapat sambutan meriah. Sementara Presiden Jokowi dan Prabowo yang hadir di acara itu tampak memperhatikan.

Selanjutnya, Budi menyebut akhirnya publik bisa melihat bagaimana kedekatan Jokowi dan Prabowo di acara itu. "Seluruhnya mulai melihat ada aura, aura Pak Jokowi sebagian pindah ke Pak Prabowo," ujarnya disambut tepuk tangan publik.

Mendengar pernyataan itu, Prabowo memberikan gestur hormat sambil menaruh dua tangannya di dada dan menunduk ke Presiden Jokowi yang ada di sampingnya. Sedangkan Jokowi hanya tertawa.

Budi kemudian mendoakan agar Prabowo tetap sehat agar mantan Danjen Kopassus itu sukses di Pilpres 2024 mendatang. "Kita semua mendoakan Pak Prabowo," ungkapnya.

"Semoga sehat, lancar, dan sukses dalam kontestatsi Pemilu 2024," sambung Budi.

Terkait pernyataan itu, pengamat politik Ujang Komarudin menilai Prabowo sudah mendapat jalan terang untuk maju di Pilpres 2024. Ia dianggap telah mengantongi banyak dukungan.

Bahkan, Kepala BIN Budi Gunawan sudah secara terang menyatakan hal tersebut. "Ini hal yang positif ya, banyak dukungan ke Pak Prabowo," ungkapnya.

"Apalagi BG, Kepala BIN, tahu sendiri Kepala BIN orang yang berpengaruh di RI dan sangat dekat dengan Jokowi, bisa jadi ke depannya bahwa BG meyakinkan Bu Megawati (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri) untuk mendukung Prabowo," sambung Ujang.

Jika nantinya Megawati bisa dengan mudahnya diyakinkan untuk mendukung Prabowo, maka diyakini Menteri Pertahanan itu akan memenangkan Pilpres. "Itu bagian daripada rezeki Prabowo mendapat dukungan dukungan dari banyak pihak," pungkas pengamat tersebut.