Erick Thohir Dinilai Figur yang Bisa Masuk ke Semua Koalisi Parpol
Menteri BUMN Erick THohir (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dinilai sebagai sosok atau figur yang bisa masuk ke semua koalisi Partai Politik (Parpol).

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai, Erick Thohir menjadi figur pemimpin baru yang begitu digandrungi seluruh elemen masyarakat dengan rekam jejak kinerja cemerlang.

"Seharusnya Erick Thohir masuk ke semua koalisi, bagi Gerindra Erick Thohir tentu tokoh potensial. Nagi KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) pun demikian. Bahkan bagi PDIP juga Nasdem sekalipun," ujar Dedi, Minggu, 19 Maret.

Dedi mengatakan, kesuksesan Erick Thohir menakhodai BUMN membuat tingkat keterpilihannya menguat. Hal itu semakin membuka peluang Erick Thohir untuk maju cawapres pada Pilpres mendatang.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan IPO pada priode 1-7 Maret 2023, Erick Thohir berhasil menembus jajaran teratas sebagai cawapres dengan angka elektabilitas sebesar 9,5 persen.

Lebih lanjut dia menyebut kegemilangan kepemimpinan Erick Thohir membawa dampak positif besar secara elektoral.

Kondisi demikian, tentu membuat citra positif Ketua Umum PSSI ini konsisten menguat.

"Ini memicu nama baik Erick Thohir dipercaya dan membuat peluang masuk bursa Cawapres meningkat," ujar Dedi.

Di satu sisi, rekam jejak bersih Erick Thohir semakin membuatnya menjadi pilihan utama masyarakat.

Terlebih lagi Erick Thohir menjadi tokoh publik yang terbilang tidan memiliki rekam jejak resistensi tinggi.

"(Erick Thohir) tidak miliki kedekatan pada isu atau skandal sensitif, juga tidak dianggap kelompok politisi," jelas Dedi.