Pengadilan Kriminal Internasional Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Putin atas Kejahatan Perang di Ukraina
Presiden Putin saat pidato di hadapan Parlemen Rusia. (Sumber: Ramil Sitdikov/RIA Novosti via Kremlin)

Bagikan:

JAKARTA - Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin atas deportasi yang tidak sah terhadap anak-anak Ukraina. Surat perintah penangkapan dikeluarkan pada Jumat, 17 Maret. 

ICC yang berbasis di Den Haag ini mengatakan, pihaknya juga telah mengeluarkan surat perintah terhadap Maria Lvova-Below, komisaris presiden Rusia untuk hak anak, atas tuduhan serupa.

Padahal Rusia bukan anggota ICC. Tidak jelas bagaimana rencana ICC untuk menegakkan surat perintah tersebut.

"Hari ini, Kamar PRA-Persidangan II Pengadilan Pidana Internasional mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk dua orang dalam konteks situasi di Ukraina: Tuan Vladimir Vladimirovich Putin dan Nyonya Maria Alekseyevna Lvova-Belova," kata ICC dalam sebuah pernyataan dikutip dari Chanelnewsasia

Putin diduga bertanggung jawab atas kejahatan perang atas deportasi penduduk (anak-anak) yang melanggar hukum dan pemindahan penduduk (anak-anak) yang melanggar hukum dari wilayah pendudukan Ukraina ke Federasi Rusia.

ICC mengatakan kejahatan tersebut terjadi sejak 24 Februari 2022, ketika Rusia menginvasi Ukraina.

"Ada alasan yang masuk akal untuk meyakini bahwa Putin memikul tanggung jawab pidana individu atas kejahatan yang disebutkan di atas," katanya.

Putin diduga bertanggung jawab baik secara langsung dengan melakukan tindakan tersebut maupun atas

"kegagalan untuk melakukan kontrol dengan baik atas bawahan sipil dan militer yang melakukan tindakan tersebut, atau mengizinkan dilakukannya tindakan tersebut".

Surat perintah penangkapan dirahasiakan untuk melindungi para korban dan saksi, katanya.

ICC adalah pengadilan pilihan terakhir untuk kejahatan yang tidak dapat atau tidak akan dituntut oleh negara-negara atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Jaksa ICC Karim Khan meluncurkan penyelidikan atas dugaan kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan di Ukraina hanya beberapa hari setelah invasi Rusia.

Khan mengatakan dugaan penculikan anak-anak merupakan prioritas penyelidikan setelah awal bulan ini melakukan kunjungan ke Ukraina 

"Anak-anak tidak bisa diperlakukan sebagai rampasan perang," katanya dalam sebuah pernyataan pada 7 Maret.

Memposting foto dirinya di samping tempat tidur bayi yang kosong, Khan mengatakan dia telah mengunjungi panti asuhan untuk anak-anak di Ukraina selatan yang kosong, akibat dugaan deportasi anak-anak dari Ukraina ke Federasi Rusia atau daerah pendudukan lainnya.

Khan juga mengonfirmasi bahwa ICC sedang menyelidiki serangan terhadap "infrastruktur sipil yang kritis" di Ukraina dan bahwa dia telah mengunjungi beberapa lokasi serangan semacam itu.

Baik Rusia maupun Ukraina bukanlah anggota ICC, tetapi Kyiv telah menerima yurisdiksi pengadilan dan bekerja sama dengan kantor Khan. Rusia membantah tuduhan kejahatan perang oleh pasukannya. Para ahli mengatakan tidak mungkin akan menyerahkan tersangka.