Bagikan:

JAKARTA - Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap mantan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dan Kepala Staf Umum Valery Gerasimov atas tuduhan kejahatan internasional, kejahatan perang, dan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Dilansir CNN, Selasa, 25 Juni, pengadilan mengatakan keduanya diduga bertanggung jawab atas dua kejahatan perang yakni mengarahkan serangan terhadap objek sipil dan menyebabkan kerugian terhadap warga sipil atau kerusakan pada objek sipil. Keduanya juga diduga melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

ICC mengatakan dugaan kejahatan tersebut berkaitan dengan “sejumlah besar serangan terhadap sejumlah pembangkit listrik dan gardu induk” yang dilakukan oleh Rusia di seluruh Ukraina antara Oktober 2022 dan Maret 2023.

Kedua surat perintah tersebut menambah jumlah total pejabat tinggi Rusia yang dicari karena kejahatan perang menjadi empat karena ICC sebelumnya telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Presiden Vladimir Putin dan pejabat Rusia Maria Lvova-Belova atas dugaan skema mendeportasi anak-anak Ukraina ke Rusia.