Kemensos Berikan Santunan Duka ke Ahli Waris Korban Teroris Sigi
Kondisi Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi pasca serangan teroris (Foto: Anas Masa/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) berikan santunan duka kepada ahli waris korban pembunuhan yang diduga dilakukan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. 

Camat Palolo Kabupaten Sigi, Herman membenarkan santunan duka dari pemerintah pusat melalui Kemensos RI. Bantuan telah diserahkan Pemkab Sigi langsung kepada ahli waris korban yang tinggal di Desa Lembantongoa.

Pada penyerahan santunan duka itu, juga hadir Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulteng, Ridwan Mumu. Dilansir Antara, nilai santunan masing-masing Rp15 juta untuk empat korban yang dibunuh teroris dan diterima oleh tiga ahli waris.

Keempat korban yang meninggal karena dibunuh teroris MIT, semuanya adalah warga transmigrasi Dusun Lewono Desa Lembantongoa Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi.

Dusun Lewono merupakan lokasi transmigrasi lokal yang terletak sekitar 15 kilometer dari lokasi transmigrasi Dusun Tokelemo yang ditempati oleh warga transmigran asal Jawa. Beberapa waktu lalu, Dusun Lewono diserang anggota teroris MIT dan menewaskan empat warga transmigrasi.

Marthen mengatakan selain bantuan duka dalam bentuk uang tunai, juga ada bantuan paket sembako, perlengkapan sekolah, perlengkapan pertanian dan peralatan dapur yang telah disalurkan berbagai pihak, termasuk dari berbagai organisasi masyarakat dan keagamaan.

Pasca serangan teroris terhadap permukiman transmigrasi di Desa Lembantongoa, masyarakat hingga kini masih kuatir untuk beraktivitas, meski di wilayah itu sudah ada aparat gabungan dari TNI/Polri yang ditempatkan menjaga desa itu.