Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Wisuda Cucu di Jombang
Wakil Presiden Ma'ruf Amin serta Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri acara wisuda hafizah ke-5 di Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Putri diKabupaten Jombang, Rabu (15/3/2023). ANTARA/ HO-panitia acara

Bagikan:

JOMBANG - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri wisuda hafizah ke-5 di Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Putri Tahun Akademik 2022/2023, Desa Jarakkulon, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Dari 187 santriwati yang ikut wisuda itu, terdapat cucu Wapres, bernama Selma Ratu Dewi Tanara (18), putri K.H. Syauqi Ma'ruf Amin.

Selma berhasil menyelesaikan hafalannya dalam waktu empat bulan lebih sembilan hari. Ia juga mendapat penghargaan sebagai wisudawati berprestasi dan mendapatkan hadiah berupa paket umroh.

Dalam kegiatan itu, Wapres Ma'ruf Amin hadir didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab. Rombongan juga langsung ke lokasi panggung untuk persiapan wisuda.

Di Ponpes Hamalatul Qur'an Putri Jombang tersebut ada 187 hafiz yang diwisuda. Mereka telah berhasil menyelesaikan program tahfiz (hafalan Al-Quran) 30 juz. Program tersebut telah diselesaikan dalam waktu rata-rata 4-6 bulan.

Pengasuh Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jombang K.H. Ainul Yaqin mengemukakan para santri yang menuntut ilmu di pondok pesantren ini dibekali dengan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, namun tetap menjunjung budaya lokal dan tetap berpegang teguh pada Al-Quran dan hadis.

"Kami menginginkan untuk terus menciptakan kader yang andal, inspiratif, inovatif, dan limitasi dengan batasan adat Jawa-Indonesia, yang Islami berdasarkan kitab suci dan hadis Nabi," kata Kiai Ainul di Jombang dilansir ANTARA, Rabu, 15 Maret.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga diminta menandatangani peluncuran buku yang disusun K.H. AInul Yaqin, pengasuh Ponpes Hamalatul Qur'an Putri Jombang. Buku tersebut merupakan panduan metode menghafal Al-Quran dengan cepat dan benar.

Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an Jombang ini merupakan pondok tahfiz yang memiliki metode percepatan menghafal Al-Quran secara cepat, yaitu dalam waktu kurang dari satu tahun.

Pesantren yang dalam pembelajarannya menggunakan metode habituasi atau pembiasaan dengan azas jogo roto, jogo rogo, dan jogo roso ini mendorong semakin bertambahnya para calon hafiz yang dapat mengenyam pendidikan dan mempelajari metode hafalan Al-Quran secara gratis.

Setelah mengucapkan selamat kepada para wisudawati, Wapres Ma'ruf Amin menuju SMA Trensains Tebuireng, Jombang di Desa Jombok, Kecamatan Ngoro, meresmikan program gerakan wakaf Indonesia.

Selain itu, Wapres juga menghadiri acara di Institut Agama Islam Bani Fattah Tambakberas, Kabupaten Jombang, menghadiri wisuda sekaligus orasi ilmiah.