Perhimpunan Pilot Minta Insan Penerbangan Tidak Berspekulasi soal Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182
Penyelam TNI AL menarik puing yang diduga turbin pesawat Sriwijaya Air SJ-182 (Foto:M Risyal Hidayat/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI) mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat serta insan penerbangan untuk tidak berspekulasi soal penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

“Bersama ini pula kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan rekan-rekan insan penerbangan untuk dapat lebih bijak dan menahan diri dari memberikan spekulasi, opini maupun analisa penyebab musibah yang menimpa SJ 182 kepada publik,” kata Ketua PPPI Rizki Budimansyah Juzar dalam keterangan resmi di Jakarta dilansir Antara, Selasa, 12 Januari. 

Rizki mengajak masyarakat untuk mendukung upaya evakuasi dan investigasi kepada pihak berwenang agar dapat memberikan hasil yang terbaik.

PPPI juga menyampaikan apresiasi kepada Basarnas, TNI, Polri, KNKT dan Kemenhub yang bergerak cepat untuk melakukan evakuasi. Selanjutnya, setiap temuan ini akan analisisi dan investigasi untuk mengungkap penyebab kecelakaan pesawat. 

Dia juga berpesan agar masyarakat menunggu hasil investigasi resmi yang dikeluarkan KNKT.

“Kami senantiasi mendukung baik secara moral dan teknis kepada pihak berwenang (KNKT) dalam pengungkapan penyebab kecelakaan dimaksud. Mari kita bersama-sama mendukung upaya evakuasi dan investigasi kepada pihak yang berwenang agar dapat memberikan hasil yang terbaik,” katanya.

Rizki menambahkan sedianya publik dan insan penerbangan bisa menyikapi musibah tersebut dan menghindari hal-hal yang dapat melukai keluarga korban dari musibah SJ 182.