Siap-siap, Pemprov DKI Kembali Adakan Mudik Gratis Tanggal 17-28 April
FOTO ILUSTRASI/DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut pihaknya kembali menyelenggarakan program mudik gratis selama musim Lebaran tahun ini.

Periode keberangkatan mudik penumpang dimulai pada 17 April dan kembali ke Jakarta pada 28 April. Sementara, keberangkatan sepeda motor pemudik dilaksanakan pada 16 April dan kembali pulang pada 27 April.

"Mudik gratis itu rencana akan dilaksanakan pada tanggal 16 April untuk truk yang membawa motor. Kalau bus 17 April. Rencana keberangkatan arus balik 27 April untuk truk dan 28 April untuk bus," kata Syafrin kepada wartawan, Selasa, 14 Maret.

Pemprov DKI Jakarta menyediakan kuota 19.280 penumpang dengan mengerahkan 482 unit bus dalam program mudik gratis tahun ini. Sementara, kuota sepeda motor sebanyak 690 yang diangkut 23 truk.

"Tujuan mudik gratis ke 19 kota di 6 provinsi," ungkap Syafrin.

Adapun keberangkatan penumpang mudik gratis dilakukan dari Monumen Nasional (Monas). Sementara, keberangkatan truk pengangkut sepeda motor berangkat dari Terminal Pulo Gadung.

"Untuk keberangkatan arus baliknya dari terminal tipe A masing-masing kota. Lalu, tujuannya ke Terminal Pulogebang, sementara untuk truk tujuannya ke Pulo Gadung," ungkap dia.

Saat ini, Pemprov DKI belum mengumumkan cara pendaftaran mudik gratis tahun 2023. Sementara pada tahun lalu, pendaftaran mudik gratis telah bisa dilakukan secara online pada website www.mudikgratisdkijakarta.id atau melalui WhatsApp di nomor 081231885758.

Tahun lalu, mudik gratis diutamakan bagi warga yang memiliki KTP domisili DKI Jakarta, warga yang sudah vaksin dosis ketiga (booster), dan warga yang perjalanan pergi dan kembali ke DKI Jakarta.