Mohon Maaf, Pemprov DKI Tutup Sementara Pendaftaran Mudik Gratis karena Kuota Penuh
Ilustrasi-(Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menutup sementara pendaftaran program Mudik Gratis pada Ramadan hingga Idulfitri tahun 2023 atau 1444 H. Hal ini disebabkan oleh kuota pendaftar yang telah penuh.

"Pendaftaran Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta 2023 ditutup sementara waktu dikarenakan kuota yang disediakan telah terpenuhi," tulis keterangan pada akun Instagram dishubdkijakarta, dikutip pada Jumat, 24 Maret.

Dishub DKI Jakarta meminta warga untuk bersabar. Sebab, ada peluang pendaftaran Mudik Gratis kembali dibuka jika warga yang sudah mendaftar tidak memenuhi persyaratan dalam proses verifikasi."Pendaftaran akan dibuka kembali setelah proses verifikasi dan kuota masih tersedia. Pantau terus informasi Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta 2023 di kanal sosial media Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan pada laman mudikgratisjakarta.com," urainya.

Diketahui, terdapat 19 kabupaten/kota tujuan Mudik Gratis yang difasilitasi Pemprov DKI pada tahun ini. Mudik Gratis ini akan mengangkut warga yang akan pulang ke kampung halaman dengan tujuan Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Pendaftaran dibuka per 23 Maret.

Kuota Mudik Gratis Pemprov DKI pada tahun ini sebanyak 19.280, yang terbagi pada arus mudik sebanyak 11.120 orang dengan 278 bus dan arus balik sebanyak 8.160 orang dengan 204 bus.

Selain itu, Pemprov DKI juga menyediakan fasilitas pengangkut sepeda motor bagi para pemudik sejumlah 690 unit. Rinciannya, 390 sepeda motor yang diangkut dengan 13 truk pada arus mudik dan 300 sepeda motor yang diangkut dengan 10 truk pada arus balik.

Periode keberangkatan mudik penumpang dimulai pada 17 April dan kembali ke Jakarta pada 28 April. Sementara, keberangkatan sepeda motor pemudik dilaksanakan pada 16 April dan kembali pulang pada 27 April.

Adapun keberangkatan penumpang mudik gratis dilakukan dari Monumen Nasional (Monas). Sementara, keberangkatan truk pengangkut sepeda motor berangkat dari Terminal Pulo Gadung.

Berikut adalah daerah tujuan mudik gratis Pemprov DKI tahun ini:

1. Sumatera Selatan: Bandar Lampung dan Palembang

2. Jawa Barat: Kuningan, Tasikmalaya

3. Jawa Tengah:Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonogiri, dan Wonosobo

4. DI Yogyakarta: Yogyakarta

5. Jawa Timur: Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang

Daerah tujuan mudik dan balik gratis angkutan truk pengangkut sepeda motor terdiri dari 9 kabupaten/kota, yaitu Kuningan, Tasikmalaya, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang, dan Malang.

Pendaftaran dilakukan secara online dan offline. Pada pendaftaran online, domain akan diinformasikan di media sosial Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Facebook dan Instagram dishubdkijakarta, Twitter DishubDKI_Jakarta, Youtube Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, dan website dishub.jakarta.go.id.

Sementara, pendaftaran secara offline berada di 6 lokasi service point Kantor Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Kantor Suku Dinas Perhubungan di 5 wilayah kota administrasi.

Berikut adalah syarat pendaftaran mudik gratis Pemprov DKI tahun 2023:

1. KTP

2. KK

3. Kartu vaksin COVID-19

4) surat tanda nomor kendaraan bermotor (apabila membawa sepeda motor)

5. Setiap Pendaftar dapat memambahkan maksimal 3 anggota keluarga dalam 1 KK dengan 1 sepeda motor

6. Wajib membawa dokumen yang dipersyaratkan pada saat verifikasi di 6 lokasi service point yang telah ditentukan.