Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan kuota mudik gratis program Pemprov DKI akan ditambah. Saat ini, kuota 18.760 pendaftar mudik gratis dinyatakan telah penuh.

Syafrin menyebut, saat ini Dishub DKI masih memverifikasi pendaftar untuk memastikan kelayakannya sebagai peserta mudik gratis. Jika ada yang tak lolos verifikasi, mereka akan dikeluarkan dan diganti oleh peserta baru.

"Memang ada beberapa pendaftar yg kemudian tidak bisa menunjukkan KTP karena pada saat mereka mendaftar pun itu tidak bisa menginput NIK. Sehingga, ini yang kemudian kita keluarkan dan potensial akan ada sisa kuota yang kemudian itu akan kami umumkan kembali untuk tahapan berikutnya," kata Syafrin kepada wartawan, Selasa, 26 Maret.

Kemudian, Pemprov DKI juga akan menygupayakan penambahan yang akan mengantar para pemudik ke kampung halaman dan kembali ke Jakarta.

Saat ini, Pemprov DKI baru menyiapkan 469 unit bus yang dibagi dengan 259 unit bus untuk mudik dan 210 unti bus untuk balik. Melihat antusiasme pendaftaran mudik gratis, mitra Pemprov DKI yang menyediakan bus akan menambahkan sesuai kebutuhan.

"Jadi akan ada tambahan 8 unit saat ini, 6 unit disabilitas Bazis, duanya dari mitra untuk menyampaikan tambahan untuk mudik gratis karena melihat animo masyarakat yang mengikuti pendaftaran mudik gratis," tutur Syafrin.

Syafrin belum bisa memastikan kapan pendaftaran mudik gratis tahap dua setelah penambahan kuota. Diperkirakan, proses verifikasi pendaftar tahap pertama akan selesai pekan ini, sehingga pendaftaran tahap kedua diperkirakan terjadwal pekan depan.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mengonfirmasi bahwa kuota pendaftar mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov DKI telah penuh. Kuota ini telah mencapai batasnya setelah masa pendaftaran dibuka selama 4 hari.

Kuota pemudik yang disiapkan sebanyak 18.760 orang untuk mudik dan balik. Jumlah kuota mudik gratis untuk arus mudik sebanyak 10.360 penumpang dan arus balik 8.400 penumpang.

"Kuota mudik gratis Pemprov DKI Jakarta 2024 sudah habis. Terima kasih atas antusiasme masyarakat DKI Jakarta dalam pendaftaran mudik gratis Pemprov DKI Jakarta 2024," tulis keterangan Dishub DKI dalam laman Instagram dishubdkijakarta, dikutip pada Minggu, 24 Maret.

Ditutupnya pendaftaran akibat kuota penuh ini menuai protes oleh warga di media sosial. Banyak warganet yang mengeluh kesulitan mendaftar karena akses pendaftaran di situs web Dishub DKI berjalan lambat. Sehingga, mereka kehilangan kesempatan mendaftar lebih cepat.

Sama seperti tahun lalu, mudik gratis diselenggarakan dengan keberangkatan menuju 19 kota di 6 provinsi yang mencakup Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Pemprov DKI Jakarta menetapkan tanggal pemberangkatan mudik dari Jakarta pada tanggal 4 April 2024 di Monumen Nasional (Monas) dan balik ke Jakarta pada 14 April 2024 dari 19 terminal tujuan ke Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Pemprov DKI juga menyediakan truk angkutan mudik untuk sepeda motor para pemudik. Truk pengangkut berangkat dari Jakarta pada 3 April 2024 dari Terminal Pulogadung. Lalu, truk kembali ke Jakarta pada 13 April 2024 dari 7 terminal tujuan ke Terminal Pulogadung.