Bagikan:

JAKARTA - Partai Demokrat menyambut baik pernyataan Ketua Umum NasDem Surya Paloh, yang mengaku tak masalah jika Anies Baswedan memilih Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi calon wakil presiden (cawapres).

Dukungan itu menambah kepercayaan Partai Demokrat untuk tetap mengajukan AHY sebagai bacawapres.  

Ketua BPOKK Partai Demokrat Herman Khaeron, menegaskan partainya terus mendukung AHY agar dapat mendampingi Anies maju pada Pilpres 2024.

"Seiring dengan telah ditetapkannya Mas Anies Baswedan sebagai capres Koalisi Perubahan, kami berharap Mas AHY menjadi wakilnya Mas Anies," ujar Herman Khaeron kepada wartawan, Rabu, 8 Maret. 

Harapan tersebut, lanjut Herman, juga sejalan dengan kriteria yang pernah diungkap bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan. Diantaranya mengusung perubahan dan memiliki integritas. 

"Harapan ini sangat berdasar, karena Mas AHY punya kapasitas, elektabilitas, representasi generasi milenial, dan posisinya sebagai ketua umum Partai Demokrat," ungkapnya. 

Selain itu, tambah Herman, tingkat elektabilitas AHY di sejumlah survei juga menunjukkan angka yang cukup tinggi, termasuk jika dipasangkan dengan Anies. Ditambah lagi, ada dukungan dari Ketum NasDem. 

"Beberapa survei juga menunjukkan bahwa jika berpasangan Anies dan AHY memiliki potensi untuk memenangkan kontestasi Pilpres 2024. Apalagi jika didukung juga oleh para pimpinan partai koalisi lainnya, seperti Pak Surya Paloh," kata Herman.

Sebelumnya, Ketum Partai NasDem Surya Paloh mengaku tak masalah jika Anies Baswedan memilih Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pendampingnya di Pilpres 2024. 

Surya Paloh mempersilakan Anies memilih sosok cawapresnya untuk 2024 mendatang. Dia menyatakan, tidak akan ikut campur terhadap sosok cawapres pilihan Anies di Pilpres 2024. 

"Boleh saja. Silakan-silakan saja. Nanti kami cari pilihan yang terbaik, terserah Pak Anies. Yang penting nasionalisme harus terbangun dan terjaga secara baik. Tidak boleh diaspora," kata Surya Paloh, Selasa, 7 Maret. 

Sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, cocok mendampingin Anies Baswedan.