Menhan AS Sebut Jatuhnya Kota Bakhmut Ukraina Tidak Berarti Rusia Telah Mengubah Jalannya Perang
Pasukan Ukraina di Bakhmut. (Wikimedia Commons/30th Prince Konstanty Ostrogski Mechanized Brigade)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin mengatakan pada Hari Senin, Kota Bakhmut di Ukraina timur lebih bersifat simbolis daripada strategis operasional, dengan kejatuhannya tidak berarti bahwa Moskow telah mendapatkan kembali inisiatif dalam perang.

Pertempuran memperebutkan Bakhmut telah berkecamuk selama tujuh bulan. Kemenangan Rusia di kota itu, yang memiliki populasi sebelum perang sekitar 70.000 tetapi sekarang telah hancur berkeping-keping, akan memberi Moskow hadiah besar pertama dalam serangan musim dingin yang mahal.

"Saya pikir itu lebih merupakan nilai simbolis daripada nilai strategis dan operasional," kata Menteri Austin kepada wartawan saat mengunjungi Yordania, dikutip dari Reuters 7 Maret.

"Jatuhnya Bakhmut tidak berarti bahwa Rusia telah mengubah gelombang pertarungan ini," lanjut Kepala Pentagon ini, seraya menambahkan bahwa dia tidak akan memprediksi apakah atau kapan Bakhmut akan jatuh.

Artileri Rusia telah menggempur rute terakhir ke luar kota, bertujuan untuk menyelesaikan pengepungannya, tetapi pendiri pasukan tentara bayaran Grup Wagner yang memimpin serangan itu mengatakan pasukannya kekurangan amunisi.

Menteri Austin mengatakan, jika pasukan Ukraina memutuskan untuk mengatur ulang posisinya di sebelah barat Bakhmut, dia tidak akan memandangnya sebagai kemunduran strategis.

Grup Wagner tampaknya sering beroperasi secara mandiri dari tentara reguler, atau bahkan bersaing dengannya. Dalam sebuah video yang diterbitkan pada akhir pekan, Prigozhin mengeluh bahwa amunisi yang dijanjikan Moskow belum dikirimkan.

Prigozhin secara teratur mengkritik hierarki militer. Bulan lalu ia menuduh Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan lainnya melakukan "pengkhianatan" karena menahan amunisi.

Terkait itu, Menteri Austin menyinggung perbedaan antara Wagner dan militer, mengatakan: "Saya pikir ada celah di sana..."

"Saya akan mengatakan pasukan Wagner sedikit lebih efektif daripada pasukan Rusia ... Karena itu, kami belum melihat kinerja yang patut dicontoh dari pasukan Rusia," tandasnya.