Akibat Cuaca Buruk, Sudah Sepekan Ini Pelayaran Kapal Feri Rute Letung Anambas Ditunda
Pelabuhan feri Telaga Punggur (ANTARA/Yude)

Bagikan:

BATAM - Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Telaga Punggur, Komaruddin mengatakan, pelayaran kapal feri rute Kecamatan Letung, Kabupaten Anambas dari Batam sudah sepekan ditunda akibat cuaca buruk. 

"Sementara ke Letung kita tunda dulu selama seminggu lebih dan semoga cuaca segera membaik sehingga bisa kembali berlayar pada Sabtu, 11 Maret mendatang," ujarnya saat dihubungi di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Antara, Senin, 6 Maret. 

Penundaan pelayaran kapal feri rute Letung itu, kata dia, mengingat pentingnya faktor keselamatan bagi penumpang di dalam kapal.

"Insyaallah jika cuaca sudah membaik segera kita operasikan ke tujuan tersebut dan kami selalu memantau perkembangan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)," katanya.

Dia menyebutkan untuk pelayaran kapal feri lainnya seperti ke Tanjungpinang dan Tanjung Uban masih aman.

“Tapi untuk tujuan Tanjung Uban pada tiga hari ini kami melalui jalur alternatif untuk menghindari gelombang tinggi,” kata dia.

Untuk faktor keselamatan, pihaknya juga sudah terlebih dahulu melakukan uji petik dalam kesiapan momen menyambut hari Lebaran 2023. Pemeriksaan meliputi jaket keselamatan, radio pemancar sinyal, radar navigasi, hingga buku dan sertifikat pelaut nakhoda.

“Kami juga mengimbau kepada calon penumpang dan operator kapal feri untuk selalu berhati-hati saat melakukan pelayaran serta utamakan faktor keselamatan," ucap Komaruddin.