ASN Surabaya Diingatkan Eri Cahyadi Hidup Sederhana Tak Pamer Kemewahan, Utamakan Zakat/Persepuluhan
Wali Kota Surabaya Eri Cahaydi (ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)

Bagikan:

SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah kota setempat agar hidup sederhana dan tidak berlebihan karena para ASN adalah pelayan masyarakat.

"Alhamdulillah di Surabaya tidak ada yang pamer-pamer," kata Eri Cahyadi dalam keterangan tertulis dikutip ANTARA, Senin, 6 Maret.

Hal itu, lanjut dia, menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengingatkan para ASN dan pelayan publik tidak memamerkan kekayaan serta lebih bijak dalam penggunaan media sosial.

Karena itu Wali Kota Eri meminta seluruh ASN untuk menerapkan filosofi ilmu padi yakni ketika padi semakin berisi maka akan semakin merunduk.

"Sudah saya sampaikan juga mulai awal, bagaimana kita ini bisa menghormati orang lain. Berarti dalam kehidupan pun sama, bagaimana kita bisa mempelajari dari padi. Ketika padi semakin berisi semakin merunduk, itu yang Alhamdulillah terus dimunculkan oleh teman-teman Pemkot Surabaya," kata dia.

Bahkan, lanjut dia, untuk zakat saja diberikan dari pendapatan maupun tunjangan penghasilannya. Bagi yang beragama Kristen dengan persepuluhan, begitu pula dengan pemeluk agama yang lainnya.

Sebab, menurut dia, itulah cinta kasih yang dibangun oleh seluruh ASN di lingkungan Pemkot Surabaya. Salah satunya adalah zakat yang diberikan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Surabaya.

"Di sekitar kita masih banyak orang yang membutuhkan, sehingga kita berbagi dengan mereka dengan melakukan zakat. Kita punya komitmen tidak menampilkan (gaya hidup), karena kita hidup dari pajaknya masyarakat, PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari pajaknya masyarakat, maka kita harus mengembalikan itu kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan," kata dia.