Didampingi Menteri BUMN Tinjau Lokasi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Wapres Ma'ruf Amin: 17 Orang Meninggal Dunia
Wapres Ma'ruf Amin dan Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Theresia Agatha/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin mendatangi lokasi kejadian kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, pada Sabtu siang, 4 Maret. Dia ditemani Menteri BUMN, Erick Thohir.

Berdasarkan pantauan VOI, usai meninjau lokasi kebakaran, Wapres Ma'ruf Amin langsung bergegas menuju lokasi pengungsian di RPTRA Rasela, Jakarta Utara.

Saat tiba di lokasi, Ma'ruf dan Erick Thohir tampak dipayungi tim pengamanan wakil presiden lantaran kondisi di lokasi kejadian sedang hujan.

"Saya bersama pak Erick melihat apa yang terjadi tadi malam, yaitu kebakaran di sekitar Depo Pertamina Plumpang, setelah kami lihat dan berbincang dengan pak Erick. Pertama itu korban-korban semua sudah ada yang meninggal sekitar 17 orang, kemudian yang dirawat ada 60 orang, Kemudian yang di penampungan," kata Ma'ruf Amin dalam sambutannya, Sabtu, 4 Maret.

Wapres Ma'ruf mengatakan, Pertamina akan bertanggung jawab atas insiden kebakaran tersebut.

"Ya, masalah-masalah evaluasi tidak ada, kemudian masalah dampaknya juga harus dipantau, mungkin yang di dalam penampungan, semua itu nanti Pertamina yang akan menanggulangi," ujarnya.

Pada kesempatan sama, Menteri BUMN Erick Thohir juga menyebut, Pertamina harus melakukan evaluasi terkait kebakaran di Depo Plumpang, agar kejadian serupa tak terulang kembali.

"Saya rasa tidak hanya kilang, tetapi juga pupuk seperti yang saya tinjau di Sumsel itu pun buffer antara titik kemanan dan tentu titik dari masyarakat itu masih terlalu dekat. Nah, inilah yang mau kami tata ulang, tidak hanya di Pertamina, termasuk PLN dan pupuk," pungkasnya.