Ketua DPRD DKI Tolak Jadi Steering Committee Formula E 2023, Alasannya Sibuk
Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi/DOK VOI- Diah Ayu

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menegaskan dirinya tidak akan masuk dalam jajaran kepanitiaan Formula E tahun 2023. Sebelumnya, Prasetyo dijadikan sebagai anggota Steering Committee (SC) pada tahun ini.

Politikus PDI Perjuangan tersebut menegaskan dirinya sibuk dalam mengerjakan tugas sebagai ketua dewan. Prasetyo mengaku ingin lebih fokus mengawasi penyusunan dan pelaksanaan anggaran daerah.

"Memang saya sibuk, pekerjaan di DPRD DKI padat. Sebentar lagi kita sudah harus membahas APBD Perubahan tahun 2023 yang harus tepat waktu," kata Prasetyo kepada wartawan, Rabu, 1 Februari.

Sebagai mitra Pemprov DKI, Prasetyo menuturkan dirinya akan terus berkoordinasi dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mengakselerasi penuntasan masalah proritas yang dihadapi di Jakarta, khususnya banjir dan kemacetan.

"Selain itu saat ini kita sedang berjuang menjaga ketahanan pangan untuk siap menghadapi ancaman resesi ekonomi, ini kan perlu kerja-kerja nyata," tegas dia.

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo mengungkap susunan kepanitiaan Formula E atau Jakarta E-Prix 2023 yang bakal digelar pada tanggal 3 dan 4 Juni. Seperti tahun lalu, panitia dibagi menjadi dua, yakni steering committee (SC) atau dewan pengarah dan organizing committe (OC) atau panitia pelaksana.

"Sebagai penyelenggara, Jakpro pun sudah menyiapkan susunan panitia mulai dari SC dan OC hingga kondisi sirkuit yang terjaga dengan baik dan masih sesuai standar FEO," kata VP Corporate Secretary Jakpro Syachrial Syarif dalam keterangannya.

Syachrial menjelaskan, posisi Ketua SC Formula E 2023 masih dipegang oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Kemudian, ada 6 Wakil Ketua SC. Bambang dan keenam wakilnya merupakan pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Dua di antaranya adalah kader PDIP, yakni Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Ketua DPRR DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Kemudian, Ahmad Sahroni kini juga menjadi Wakil Ketua OC. Pada Formula E tahun lalu, Anggota DPR RI ini mengemban posisi Ketua Panitia Pelaksana.

Kemudian, dua tokoh pembalap nasional juga masuk dalam jajaran wakil SC, yakni Tinton Soeprapto dan pemilik Kentucky Fried Chicken (KFC) Indonesia, Ricardo Gelael. Serta, pemilik rumah makan Dapur Sunda, Andono Eko.

Ada dua orang yang mengisi posisi OC atau Panitia Pelaksana, yang diketuai oleh mantan pembalap Ananda Mikola dan wakilnya adalah Akbar Himawan Buchari yang kini menjabat sebagai Ketua Badan Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Balapan Formula E tahun 2023 digelar selama dua hari pada tanggal 3 dan 4 Juni mendatang. Jakarta mendapatkan dua seri, yakni seri 10 dan 11 dari 16 rangkaian seri keujaraan dunia. Kini, Jakpro terus berkoordinasi dengan Formula E Operation (FEO) selaku pemegang lisensi Formula E terkait persiapan gelaran balapan.

PT Jakpro selaku BUMD penyelenggara Formula E kembali menunjuk Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai penanggung jawab teknis balapan Formula E tahun ini.