Bank Dunia Sebut Biaya Rekonstruksi Gempa Bumi Turki Bisa Tembus Rp1 Kuadriliun
Dampak gempa bumi Turki di Hatay. (Wikimedia Commons/VOA/Hilmi Hacaloğlu)

Bagikan:

JAKARTA - Biaya rekonstruksi dan pemulihan Turki dapat melebihi 68 miliar dolar AS atau sekira Rp1.036.374.400.000.000 sebagai akibat dari bencana gempa bumi bulan lalu, yang menewaskan sekira 50.000 orang dan merusak lebih dari 105.000 bangunan, kata Bank Dunia.

Turki mengalami kerugian sekitar 34,2 miliar dolar AS atau sekira Rp519.037.200.000.000 akibat kerusakan fisik langsung dari bencana 6 Februari, setara dengan sekitar 4 persen dari 2021 produk domestik bruto, menurut Bank Dunia dalam laporan penilaian kerusakan 50 halaman.

Estimasi kerusakan tidak mewakili perkiraan biaya dampak tidak langsung atau sekunder pada ekonomi Turki, dan bukan perkiraan dampak pada pertumbuhan ekonominya, katanya.

Kerugian PDB yang terkait dengan gangguan ekonomi juga akan menambah biaya dan gempa susulan lebih lanjut diperkirakan akan meningkatkan estimasi kerusakan dari waktu ke waktu, sebut Bank Dunia.

Sementara, Konfederasi Perusahaan dan Bisnis Turki telah menerbitkan perkiraan 84 miliar dolar, berdasarkan perbandingan dengan gempa bumi yang mengguncang salah satu wilayah di negara itu, Izmit, pada tahun 1999.

Turki dilanda gempa bumi 7,8 dan 7,5-magnitudo pada 6 Februari, diikuti oleh lebih dari 7.500 gempa susulan dan dua gempa tambahan, menimbulkan bencana terbesar di negara itu dalam lebih dari 80 tahun.

Bank Dunia mengatakan 11 provinsi di bagian selatan negara itu memiliki beberapa tingkat kemiskinan tertinggi di Turki, menampung lebih dari 1,7 juta pengungsi Suriah, yang sekitar setengah dari total populasi pengungsi Suriah di sana.

gempa turki
Presiden Erdogan saat mengunjungi korban gempa bumi. (Sumber: Presidency 0f The Republic of Turkiye)

Kerusakan paling luas pada bangunan dan infrastruktur terjadi di Provinsi Hatay, Kahramanmaraş, Gaziantep, Malatya dan Adıyaman, yang bersama-sama menyumbang 81 persen dari perkiraan kerusakan dan merupakan rumah bagi sekitar 6,45 juta orang, sekitar 7,4 persen dari populasi.

"Bencana ini berfungsi sebagai pengingat risiko tinggi Turki terhadap gempa bumi dan kebutuhan untuk meningkatkan ketahanan dalam infrastruktur publik dan swasta," kata Humberto Lopez, direktur Bank Dunia untuk Turki, seperti dikutip dari The National News 1 Maret.

"Sebagai pemimpin dalam manajemen risiko bencana, Bank Dunia berkomitmen untuk menemani Turki dalam upayanya untuk pemulihan ekonomi yang tahan bencana," tandasnya.

Lebih jauh, sekitar 1,25 juta orang menjadi tunawisma sementara, karena kerusakan sedang hingga parah pada bangunan atau keruntuhan total mereka.

Kerusakan langsung ke bangunan perumahan menyumbang 53 persen (18 miliar dolar AS) dari total kerusakan, dengan 28 persen kerusakan (9,7 miliar dolar AS) pada bangunan non-perumahan dan 19 persen kerusakan (6,4 miliar dolar AS) terkait dengan infrastruktur.

Bank Dunia mengaitkan kerusakan signifikan dalam bangunan dan infrastruktur di seluruh Turki selatan dengan dua gempa bumi yang sangat besar dan dangkal yang kembali ke belakang, selain ribuan gempa susulan yang setinggi 6,7 besarnya.

"Bukti anekdotal awal tampaknya menunjukkan, sebagian besar bangunan yang terkena dampak dibangun sebelum tahun 2000, yaitu ketika aturan mengenai bangunan 1997 dipandang telah diterapkan secara teratur dalam konstruksi," menurut Bank Dunia.

"Potensi kurangnya kepatuhan aturan, yang mengacu pada bangunan yang tidak dirancang, dibangun dan diperiksa sesuai dengan kode bangunan seismik Turki, juga merupakan faktor dalam keparahan kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa bumi," sambung badan itu.

"Kurangnya peristiwa seismik besar baru-baru ini di wilayah ini mungkin telah mengurangi kesadaran tentang bagaimana mempersiapkan dan menanggapi gempa bumi besar. Dengan pengecualian peristiwa yang lebih kecil, seperti gempa bumi Elazig 2020 (magnitudo-6.8), gempa besar terakhir dengan besarnya yang sama adalah pada tahun 1822, di sekitar Hatay," jelasnya.

Diketahui, Bank Dunia, yang pada 9 Februari mengatakan pihaknya menyediakan 1,78 miliar dolar AS untuk membantu upaya bantuan dan pemulihan di Turki, mengatakan penilaian masih berlanjut.