Pemerintah Tetap Sediakan Bus Gratis Penonton WSBK Mandalika 2023
DOK ANTARA

Bagikan:

MATARAM - Kepala Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Barat, Lalu Moh Faozal memastikan pemerintah tetap menyediakan bus gratis bagi para penonton World Superbike (WSBK) dari dan menuju Sirkuit Mandalika pada 3-5 Maret 2023.

"Kalau kemarin di WSBK 2022 gratis. Kali ini juga sama gratis yang disiapkan pemerintah," ujarnya di sela-sela rapat koordinasi angkutan WSBK Mandalika dilansir ANTARA, Selasa, 28 Februari.

Dia mengatakan manajemen transportasi penonton WSBK Mandalika 2023 ini tidak ada yang berubah tetap sama saat WSBK 2022.

"Skenario tetap sama seperti saat WSBK 2022 untuk lalu lintasnya," ujarnya.

Namun demikian, terkait berapa jumlah moda transportasi bus yang disediakan untuk melayani penonton selama WSBK berlangsung, pihaknya belum dapat memastikannya karena menurut Faozal kebutuhan bus tergantung berapa jumlah tiket penonton WSBK yang terjual.

"Kalau kebutuhan transportasi itu disesuaikan dengan berapa tiket yang terjual dan di mana area paling banyak digunakan penonton. Tapi yang pasti kami siap berapa pun itu," terang mantan Kepala Dinas Pariwisata NTB ini.

Selain soal lalu lintas kendaraan yang tidak banyak berubah, untuk tempat "shuttle" bus pun juga tetap sama seperti WSBK sebelumnya yakni di eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, dan Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid (Bizam) di Praya, Lombok Tengah.

Untuk pergerakan di lima pintu masuk di Pulau Lombok, seperti Pelabuhan Lembar, Kayangan, Bangsal, Senggigi diserahkan sepenuhnya kepada koperasi dan aktivitas transportasi lain yang ada di simpul-simpul untuk mengurusnya.

"Di samping itu sampai sekarang kami masih menunggu dukungan bantuan kendaraan dari Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Sementara itu dari sektor udara khususnya pesawat terbang, lanjut Faozal sejak satu bulan lalu maskapai nasional Citilink sudah mengajukan penambahan penerbangan ke Lombok dari Bali.

"Kalau maskapai ini Citilink yang sudah mengajukan dari dan menuju Lombok-Bali. Lumayan bisa menekan harga tiket," katanya.