Imbas Pembangunan MRT Fase 2, Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk Dipersempit dan Persimpangan Ditutup
Mesin bor terowongan (tunnel boring machine) 2 telah menyambungkan Stasiun Monas dan Stasiun Thamrin sebagai bagian pembangunan MRT Jakarta Fase 2A di Jakarta, Jumat (29/7/2022). ANTARA/HO-MRT Jakarta

Bagikan:

JAKARTA - PT MRT Jakarta melanjutkan pekerjaan konstruksi Mass Rapid Transit (MRT) fase 2 CP202 di Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. Sehubungan dengan itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di sepanjang kedua jalan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, pekerjaan konstruksi traffic diversion ini akan dimulai tanggal 28 februari hingga 27 September 2023.

"Tahapan yakni relokasi utilitas, konstruksi halte Transjakartam pembongkaran JPO eksisting, pembongkaran halte Transjakarta, eksiting, operasional bus Transjakarta," kata Syafrin dikutip pada Senin, 27 Februari.

Selama pekerjaan berlangsung, ujar Syafrin, akan terjadi pengurangan lajur lalu lintas mulai dari simpang Harmoni sampai Jalan KH. Hasyim Ashari dengan lajur lalu lintas menjadi 2 lajur reguler dan 2 lajur Transjakarta. Kemudian, dari Jalan KH. Hasyim Ashari sampai simpang Mangga Besar lalu lintas menjadi 3 lajur mix traffic.

Sedangkan untuk pekerjaan canal decking tanggal 4 Maret-27 Mei 2023 sepanjang area pekerjaan Jalan Gajah Mada akan menjadi 2 lajur mix traffic dan Jalan Hayam Wuruk menjadi 3 lajur mix traffic.

Sementara, penyempitan jalan pada tanggal 10 April-1 Juli 2023, Jalan Gajah Mada akan menjadi 2 lajur mix traffic dan Jalan Hayam Wuruk menjadi 2 lajur mix traffic.

Syafrin menyebut terdapat persimpangan jalan yang ditutup sampai tahun 2027, yakni simpang Jalan Sukarjo Wiryopranoto-Jalan Zainul Arifin-Jalan Gajah Mada-Jalan Hayam Wuruk.

Lalu lintas dari Jalan Sukarjo Wiryopranoto yang semula dapat lurus (menuju Jalan Zainul Arifin) dan belok kanan (menuju Batavia) dialihkan belok kiri, putar balik depan Dunkin Donuts, Belok kiri ke Jalan Zainul Arifin, lurus menuju Batavia.

Lalu lintas yang dari Harmoni yang semula memutar balik (Selatan-Selatan) dialihkan berputar di simpang Jalan Mangga Besar/Olimo. Lalu lintas dari Batavia yang semula memutar balik (utara-utara) dialihkan berputar di depan Dunkin Donuts.

"Untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan berlalu lintas di jalan," urainya.