Halte Harmoni, Sawah Besar, dan Mangga Besar Ditutup Akibat Pembangunan MRT, Ini Lokasi Halte Sementara
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Tiga halte Transjakarta ditutup sementara sebagai dampak pembangunan proyek konstruksi MRT Jakarta Fase 2A CP202. Ketiga halte tersebut adalah halte Harmoni, halte Mangga Besar, dan halte Sawah Besar akan dilakukan penutupan, dan dialihkan ke halte sementara (temporary).

"Halte Transjakarta Mangga Besar ditutup pada 25 Februari 2023, Halte Transjakarta Sawah Besar ditutup pada 28 Februari 2023, Halte Transjakarta Harmoni ditutup pada 3 Maret 2023," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri dalam keterangannya, Rabu, 22 Februari.

Apri menjelaskan, Halte sementara pengganti Halte Mangga Besar ke arah Blok M berada di sisi Jalan Gajah Mada, tepatnya di depan depan PT Sango Ceramics Indonesia dan Rumah Makan Garuda Hayam Wuruk. Kemudian, halte sementara Harmoni arah Kota berada pada sisi Jalan Gajah Mada di depan BCA KCU Gajah Mada.

Sebagai pengganti JPO Mangga Besar eksisting, pejalan kaki dapat mengakses halte sementara Transjakarta Mangga Besar sisi Hayam Wuruk dan Gajah Mada menggunakan pelican crossing, serta jembatan khusus pejalan kaki di depan Gedung Arsip dan Bank BNI.

Halte sementara pengganti Halte Sawah Besar ke arah Blok M berada di sisi Hayam Wuruk di depan Jalan Kebon Jeruk VII. Kemudian, halte sementara Harmoni arah Kota berada pada sisi Jalan Gajah Mada tepatnya di depan Jalan Keselamatan.

Pejalan kaki dapat mengakses kedua halte sementara Transjakarta Sawah Besar menggunakkan pelican crossing serta jembatan kecil khusus pejalan kaki yang berada di depan Bank BNP Gajah Mada dan SPBU Pertamina Hayam Wuruk, Sebagai pengganti JPO Sawah Besar.

Lalu, halte sementara pengganti Halte Harmoni ke arah Blok M berada di Jalan Hayam Wuruk, tepatnya di depan Dunkin' Donuts dan Jalan Batu Ceper. Kemudian, halte sementara Harmoni arah Kota berada pada sisi Jalan Gajah Mada di depan Gedung Pelni.

Pejalan kaki dapat mengakses kedua halte sementara Transjakarta Harmoni menggunakan pelican crossing yang berada baik di Jalan Hayam Wuruk maupun Jalan Gajah Mada.

"Ketiga halte Transjakarta sementara tersebut telah selesai dibangun untuk menggantikan halte eksisting Transjakarta Mangga Besar yang berada di depan Grand Paragon, halte eksisting Sawah Besar di depan Gajah Mada Plaza, dan Halte eksisting Harmoni di depan Duta Merlin," urainya.

Khusus untuk halte Harmoni, Transjakarta akan mengalihkan pelanggan yang selama ini transit ke halte transit pengganti. Serta, disediakan rute-rute langsung ke Halte Juanda, Halte Monas, Halte kota, Halte M.H. Thamrin, dan Halte Bundaran HI.

Lebih lanjut, penutupan ketiga halte Transjakarta itu berimplikasi pada layanan koridor 1 (Blok M-Kota), koridor 2 (Pulogadung-Harmoni), koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru), Koridor 8 (Lebak Bulus- Harmoni). Serta sejumlah rute Transjakarta, antara lain Pantai Maju-Balai Kota (1A). Pulogadung-Rawa Buaya (2A), PGC-Harmoni (5C), Kampung Rambutan - Harmoni via Cempaka Putih (7E).