Pembangunan MRT, Rekayasa Lalin di Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk Berlaku hingga 31 Desember Imbas
Ilustrasi pembangunan jalur MRT (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI melakukan rekayasa lalu lintas di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, sebagai imbas pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP202. Rekayasa lalin diberlakukan hingga 31 Desember 2023.

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo menjelaskan, rekayasa lalin dilakukan untuk menunjang pekerjaan pembangunan guide wall dan Diaphragm wall (D-wall) sisi Kali Ciliwung pada ruas jalan tersebut.

"PT MRT Jakarta memohon maaf atas ketidaknyamanan selama pekerjaan ini berlangsung. Kami mengharapkan pengertian dan kerja sama dari masyarakat untuk terus mendukung pelaksanaan proyek ini demi mewujudkan kota Jakarta menjadi lebih baik dan nyaman untuk kita semua," kata Pratomo dalam keterangannya, Rabu, 30 Agustus.

Terdapat tiga simpang yang terdampak rekayasa lalin di Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk. Berikut rinciannya:

1. Simpang Harmoni

Kendaraaan dari simpang Harmoni menuju Jalan KH. Hasyim Ashari, Duta Merlin, dan BTN dapat menggunakan satu lajur di Jalan Gajah Mada. Sedangkan pengguna jalan menuju ke Jalan K.H. Zainul Arifin, Mangga Besar, dan Kota dialihkan ke 2 lajur di Jalan Hayam Wuruk (contraflow).

2. Jembatan Batu Ceper

Pengguna Jalan Hayam Wuruk arah Kota menuju Jalan K.H. Zainul Arifin, Gajah Mada Plaza, dan Lawu Tower dapat beralih ke Jalan Gajah Mada melalui Jembatan Batu Ceper. Sementara pengendara arah Mangga Besar dan Kota agar tetap menggunakan Jalan Hayam Wuruk (contraflow).

3. Simpang Mangga Besar

Pengendara dari simpang Mangga Besar menuju Hayam Wuruk Plaza, Masjid Kebon Jeruk, dan Bank Permata Hayam Wuruk dapat menggunakan satu lajur di Jalan Hayam Wuruk.

Sedangkan pengguna jalan menuju Jalan Kebon Jeruk, Jalan Sukarjo Wiryopranoto, Monas dapat mengambil dua lajur kanan melalui Jalan Gajah Mada (contraflow).

Terdapat rute alternatif bagi pengendara di sekitar Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk, yakni:

1. Arah Kota

- pengendara yang ingin ke Jalan K.H. Hasyim Ashari serta Jalan K.H. Zainul Arifin, dapat melalui Jalan Suryopranoto dan Jalan Cideng Barat.

- pengguna jalan menuju Kota dapat melalui Jalan Suryopranoto dan Jalan Cideng Barat, kemudian ke arah utara melalui Jalan K.H. Moh Mansyur dan Jalan Perniagaan Raya.

- pengguna jalan ke arah Kota juga dapat melalui Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan Gunung Sahari, untuk kemudian kembali ke Jalan Gajah Mada melalui Jalan Raya Mangga Besar.

2. Arah Roxy

- kendaraan yang akan menuju ITC Roxy Mas dapat menggunakan Jalan Suryopranoto lalu ke Jalan Cideng Barat dan belok kiri di Jalan K.H. Hasyim Ashari.