Lahan Terbengkalai di KBT Jaktim Berubah Jadi Ruang Terbuka Hijau, Warga Mengaku Senang Punya Taman Baru
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau ruang terbuka hijau di Duren Sawit Jaktim/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Pj Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono melakukan kunjungan ke Taman Interaksi yang berada di Jalan Inspeksi Kanal Banjir Timur (KBT), Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur pada Kamis, 23 Februari.

Taman seluas 1.300 meter persegi itu sebelumnya merupakan lahan terbengkalai. Kemudian diperbaiki menjadi taman interaksi warga yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi dan ruang terbuka hijau.

Taman tersebut juga dilengkapi dengan sarana bermain anak untuk masyarakat umum. Rencananya, taman interaksi itu akan dibuka pada Jumat besok.

"Dulu sebelum dibuat, lahan ini disalahgunakan untuk buang sampah, menaruh barang bekas sehingga pepohonan tidak terawat. Lahan seluas 1300 meter ini menjadi sarana edukasi, tempat bermain dan tempat penanaman tanaman langka," kata Lurah Duren Sawit, Santi Nur Rifiandini kepada wartawan, Kamis, 23 Februari.

Taman interaksi ini merupakan salah satu kawasan penataan unggulan Pemkot Jakarta Timur. Selain sebagai sarana edukasi, taman interaksi ini sebagai upaya mewujudkan keasrian lingkungan bersih dan menghilangkan kesan kumuh.

"Sebelumnya sudah dibuka, namun kita belum memberikan jadwal operasional. Mulai besok jadwalnya sudah dicantumkan didepan, untuk anak paud sudah dapat memanfaatkan area ini," ujarnya.

Rencana pembukaan taman interaksi juga mendapatkan respon positif dari warga sekitar lokasi. Imah, salah satu warga sekitar berharap, taman tersebut selalu dijaga oleh pemerintah dan disiapkan lahan khusus para pedagang agar tetap terlihat rapih.

"Sebagai warga sangat senang ada taman baru, terus banyak pengunjung yang datang. Kita kan disini dagang, jadi banyak yang mampir beli. Anak saya juga bisa main kesitu (taman). Harapannya lebih maju dan kaki lima diutamakan," harapnya.