Ikuti Instruksi Jokowi, Kemenag Segera Bangun Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah hingga Aliyah di IKN Nusantara
Ilustrasi. Situasi jelang masuk kurikulum baru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN) Palangkaraya, Kalteng, Kamis, 16 Juli 2020. (Antara-Makna Z)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) segera membangun madrasah terpadu di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Madrasah tersebut meliputi Ibtidaiyah, Tsanawiyah hingga Aliyah.

Hal itu disampaikan Menag Yaqut Cholil Qoumas saat menghadiri Rapat Koordinasi Pimpinan Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Balikpapan.

"Beberapa hari lalu, diminta Presiden membuat sekolah terpadu di IKN, dari Madrasah Ibtidaiyah hingga Madrasah Aliyah. Saya sudah minta Dirjen Pendis untuk segera tindaklanjuti," ujar Yaqut dalam keterangan tertulis, Rabu 22 Februari, disitat Antara.

Yaqut meminta Kepala Kantor Wilayah Kalimantan Timur untuk segera berkoordinasi terkait pembangunan tersebut, baik dari segi penganggaran, lokasi, dan beberapa hal teknis lainnya.

Ia berharap, pembangunannya dapat terealisasi pada 2023, sehingga diperlukan gerak cepat dari segenap pihak yang terlibat di dalamnya.

"Tahun ini tinggal 10 bulan lagi, jadi semua harus bergandengan tangan agar mampu merealisasikan tugas dari Presiden," tuturnya.

Menag menekankan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proyek ini, salah satunya adalah lahan yang luas. Ia meminta jajarannya untuk segera berkoordinasi dengan PUPR terkait hal ini.

"Tahun depan Presiden meminta upacara kemerdekaan sudah di IKN. Karenanya, kita harus support dengan fasilitas yang sudah tersedia, salah satunya sekolah terpadu ini," katanya.

Dalam kunjungan kerjanya di Kaltim, Menag juga menandatangani prasasti sembilan gedung sarana dan fasilitas di Wilayah Provinsi Kalimantan Timur, yang dibangun dengan pembiayaan dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).