Pencuri Berlaga Jadi Pembeli, Gasak Rokok Senilai Rp1,5 Juta, Korban Belum Lapor Polisi
TKP pencurian rokok/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA – Wanita bertubuh gempal yang terekam kamera CCTV tengah melancarkan aksi pencurian di toko sembako di Jalan Marzuki 4, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur ternyata kedapatan mencuri sebanyak 30 bungkus rokok senilai Rp1,5 juta ke dalam tas miliknya.

Dari pengakuan Harjono, pemilik toko sembako, pelaku mengambil sebanyak 30 bungkus rokok. Modusnya dia pesan rokok terus dimasukan ke tas plastik warna hijau yang ada di meja kasir, ketika penjual lengah pelaku memasukan rokok ke dalam tas miliknya.

"Kerugian hampir Rp 1,5 juta. Ciri pelaku memakai baju merah, celana hitam dan sepatu hitam," kata Harjono kepada wartawan, Senin, 20 Februari.

Dia pun menceritakan awal kejadian pencurian yang menimpanya itu. Modusnya pagi-pagi dia datang ke toko miliknya yang saat itu dilayani oleh istri korban. Namun pelaku terlihat berpura-pura belanja dalam jumlah yang banyak diluar kebiasaan pembeli pada umumnya.

"Karena pembelanjaan diluar kebiasaan orang berbelanja, waktu yang singkat itu dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Dia ambil barang air mineral, makanan, pura-pura beli untuk mengacaukan suasana supaya orang bingung, terus minta rokok," tuturnya.

Pelaku juga memisahkan pesanan rokok dengan barang lainnya yang berpura-pura hendak dibeli.

"Rokok dia minta dipisah, dialihkan kantong plastik. Kita lengah kantong plastiknya dia ambil kemudian dimasukan ke dalam tas milik nya. Dia pura-pura menambah belanjaan. Setelah selesai dia minta barang lagi, dia minta rokok," terang Harjono, menjelaskan trik modus pelaku.

Kemudian ketika ada pembeli lainnya yang masuk, pelaku dengan cepat langsung keluar meninggalkan toko tersebut sambil membawa 30 bungkus rokok.

"Dia keluar membawa bungkusan rokok, jadi setelah 30 bungkus dia kabur. Alhamdulillah kami menangkap barang saya terhadap pelaku di dekat stasiun Buaran Baru," kata korban.

Kejadian pencurian di kawasan tersebut menurut korban sudah sering terjadi. Menurut Harjono, para pemilik warung di kawasan itu juga kerap menjadi sasaran korban pencurian dengan modus yang sama.

Meski begitu, hingga kini korban belum membuat laporan kepolisian karena barang miliknya telah kembali.

"Kalau mendengar cerita setelah kejadian, toko lainnya datang kesini ternyata juga pernah menjadi sasaran pencurian," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, aksi pencurian rokok dengan modus berlagak konsumen di toko sembako terjadi di kawasan RT 05/17, Kampung Jembatan, Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur pada Jumat, 17 Februari.

Tindak pidana itu dilakukan oleh seorang perempuan paruh baya dengan tubuh gempal mengenakan pakaian merah memasuki toko sembako. Dia pun berpura-pura memesan sejumlah barang belanjaan kepada penjual.