Bagikan:

JAKARTA - Momentum Perkemahan Ukhuwah Tingkat Nasional (Kemnas) ke-5 Satuan Komunitas Pramuka (Sako) Sekolah Islam Terpadu (SIT) menurut Budi Waseso bisa jadi sarana untuk meningkatkan ukhuwah antar sesama pramuka baik yang berasal dari Indonesia maupun dari beberapa negeri jiran yang ambil bagian.

“Jalin persaudaraan dengan teman-teman dari Malaysia dan Thailand. Mari kita terus perkuat persaudaraan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta menjalin persaudaraan seluas-luasnya, karena setiap anggota Gerakan pramuka sesungguhnya adalah saudara bagi anggota Pramuka yang lainnya,” kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso dalam acara pembukaan yang berlangsung di Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta, Rabu 15 Februari, seperti dilansir Pramuka.id.

Kerja Sama

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerjasama antara Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan Pengurus Jaringan SIT yang telah ditandatangani di Jakarta beberapa tahun yang lalu, dengan tujuan untuk lebih meningkatkan upaya pembinaan bagi kaum muda khususnya siswa SIT melalui kegiatan kepramukaan.

Prosesi acara pembukaan diawali dengan salah satu petugas menyerahkan Pedang Pusaka kepada Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Budi Waseso sebagai lambang persatuan dan kesatuan bangsa. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan barisan dengan menunggangi kuda yang telah dipersiapkan.

Peserta Kemnas V berpose di depan tenda. (IST)
Peserta Kemnas V berpose di depan tenda. (IST)

Menariknya, suatu momen yang terduga, Pimpinan Kwarnas, di antaranya Ketua Kwarnas, Kak Budi Waseso, Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar, S.IP, M.AP, Waka Kwarnas/Ketua Komisi Saka, Sako, dan Gugus Darma, Kak Mayjen TNI Mar (Purn) Yanuar Ludfi, Ketua Majelis Pembimbing Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu yang juga Andalan Nasional/Sekretaris Komisi Saka, Sako, dan Gugus Darma, Kak Dr. Sukro Muhab, M.Si, menunggangi kuda, berlahan lahan mengitari barisan seluruh peserta Kemnas V Sako Sekolah Islam Terpadu.

Lambaian tangan dan sorak sorai seluruh peserta Perkemahan Ukhuwah Nasional V, meramaikan suasana di lapangan Utama Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata Cibubur, Jakartad saat Kak Budi Waseso melintas.

Tetap dengan Prokes

Ketua Kwartir Nasional menyanyampaikan rasa syukur dan bahagia bahwa Sako SIT (Sekolah Islam Terpadu) terus mengembangkan kegiatan kepramukaan, di antaranya melalui perkemahan yang dilaksanakan saat ini.

“Kita juga patut bersyukur bahwa perkemahan ini dapat dilaksanakan dengan jumlah peserta yang lebih besar, antara lain karena Pemerintah telah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir Desember 2022.”, Ungkap Kak Budi Waseso.

Paans tak membuat pramuka bergeming, tetap ceria. (IST),
Paans tak membuat pramuka bergeming, tetap ceria. (IST),

Ketua Kwarnas meminta kepada seluruh peserta dan panitia Kemnas 5 ini tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga agar perkemahan ini dapat berjalan aman dan nyaman serta kita tetap sehat, sehingga tidak menyebabkan timbulnya klaster baru penyebaran COVID-19.

Menurut Ketua Kwartir Nasional, Kak Budi Waseso bahwa kegiatan Perkemahan Ukhuwah Tingkat Nasional ke-5 ini sejalan dengan tujuan yang tercantum bahwa Gerakan Pramuka berusaha membentuk setiap anggota pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa dan berahlak mulia. Hal tersebut dipertegas pula dengan Kode Kehormatan dalam Satya dan Darma Pramuka yang menyebutkan antara lain, “Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan”, dan “Pramuka itu takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”.

Artinya bahwa menjalankan kewajiban dan melaksanakan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa menjadi prioritas utama bagi seorang anggota pramuka. Dengan kata lain, ini merupakan suatu hal yang sejalan dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Satuan Komunitas Jaringan SIT, kata Ketua Kwartir Nasional.

Oleh karena itu tambah Ketua Kwarnas, Kak Budi Waseso, mengajak semua yang hadir di Kemnas 5 ini untuk memanfaatkan kegiatan perkemahan sebagai suatu upaya untuk terus melaksanakan kewajiban dan ketakwaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada perkemahan ini merupakan bagian dari pendidikan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita, termasuk kegiatan bakti masyarakat.

Peserta Manca Negara

Sementara Ketua Pelaksana Kemnas V Sako Sekolah Islam Terpadu, Kak Dian Permana, S.Pd menyampaikan bahwa Perkemahan Ukhuwah Nasional ini berlangsung 15-18 Februari 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta.

Disampaikan Kak Dian Permana bahwa hadir pula peserta dari Pramuka Malaysia dan Pramuka Thailand pada Perkemahan Ukhuwah Nasional. Jadi jumlah total peserta dan Bindamping dan peserta dari luar negeri adalah 9433 peserta, 104 peserta adalah dari Pramuka Malaysia dan Pramuka Thailand.

Pimpinan Kwarnas yang hadir, selain Ketua Kwarnas dan Sekretaris Jenderal Kwranas yang hadir, hadir pula, Waka Kwarnas/Kakom Binawasa, Kak Dr. Joko Murshito, Waka Kwarnas/Kakom Saka, Sako, dan Gugus Darma, Kak Mayjen TNI Mar (Purn) Yuniar Ludfi, Waka Kwarnas/Kakom Kehumasan dan Informatika, Kak Berthold DH Sinaulan, Waka Kwarnas/Kakom Aset dan Usaha, Kak Yulius ST, dan para Pimpinan Majelis Pembimbing Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu se-Indonesia.