Bogor Hujan Sejak Selasa Pagi, Bendung Katulampa Masih Normal
Bendung Katulampa, dalam kondisi normal 30 sentimeter, Selasa 14 Februari (VOI)

Bagikan:

BOGOR - Aliran sungai Ciliwung di Bendung Katulampa masih dilaporkan dalam kondisi normal 30 sentimeter, pun Bogor diguyur hujan sejak Selasa 14 Februari pagi.

Berdasarkan data Bendung Katulampa pukul 23.00, TMA di Bendung Katulampa 30 cm atau di bawah status normal 50 cm. Demikian juga dengan TMA di Panus, Depok, TMA 105 cm atau di bawah batas normal 200 cm dan Pintu Manggarai 660 sentimeter, juga di bawah batas normal 750 cm.

Status waspada terjadi di Pasar Ikan, dengan ketinggian 218 cm atau dalam status siaga 2.

Kepala Bendung Katulampa, Andi Sudirman mengatakan situasi Katulampa masih terpantau normal sejak Bogor diguyur hujan sejak Selasa pagi sekitar pukul 04.00 WIB.

Pun Normal, Andi tetepa mengimbau agar masyarakat di sekitar bantaran Sungai Ciliwung tetap waspada mengingat tinggi muka air (TMA) bisa saja naik lantaran hujan masih berlangsung di Bogor hingga Selasa siang.

"Puncak masih hujan, masyarakat harus selalu waspada mengingat bisa saja TMA di Katulampa naik," kata Andi mengkonfirmasi, Selasa 14 Februari.

Untuk aliran Sungai Cileungsi juga dilaporkan normal, sejak siang hingga Selasa pagi pukul 06.30 WIB.

Berdasarkan laporan Komunitas Peduli Cileungsi-Cikeas (KP2C), TMA Cileungsi dilaporkan 20 cm di bawah batas 100 cm, TMA Sungai Cikeas 80 cm di bawah batas 200 cm, dan aliran pertemuan sungai di Pos Pengawas P2C, Bojongkulur TMA 200 cm dari batas 350 cm.

Andi menambahkan, BMKG juga sudah memperingatkan bila hujan masih akan terjadi di Bogor berpeluang terjadi hingga Selasa malam.

Terkait