Zona Perang dan Dibombardir, Wilayah Terdampak Gempa Turki di Suriah Belum Terima Bantuan Tim Penyelamat Internasional
Regu penyelamat Suriah mengevakuasi korban gempa bumi dari reruntuhan bangunan. (Twitter/@SyrianACD)

Bagikan:

JAKARTA - Satu-satunya organisasi tanggap darurat yang beroperasi di Suriah barat laut White Helmets mengatakan pada Hari Selasa, mereka belum menerima dukungan dari tim penyelamat internasional, hampir 48 jam setelah gempa bumi melanda wilayah tersebut dan menewaskan ribuan orang.

"Sejauh yang saya tahu, kami belum menerima dukungan internasional," kata Oubadah Alwan, koordinator media di White Helmets, kepada The National News seperti dikutip 8 Februari.

"Apa yang terjadi di luar kapasitas satu organisasi atau entitas lokal mana pun atau LSM lokal. Situasinya sangat buruk dan sangat suram di lapangan saat ini," ujarnya.

Pejabat PBB pada Hari Selasa mengatakan ada "masalah logistik" yang menghambat akses ke barat laut Suriah, karena kerusakan luas yang disebabkan oleh gempa bumi dan jalan yang rusak.

Alasan lain dari tidak adanya tim penyelamat internasional adalah, wilayah yang dibombardir oleh Pemerintah Suriah sekaligus merupakan zona perang aktif.

"Sulit mengirim responden pertama ke tempat yang terus-menerus dibombardir oleh rezim Suriah dan pasukan Rusia," sebut Alwan.

dampak gempa suriah
Dampak gempa di Suriah. (Twitter/@SyrianACD)

Diketahui, wilayah Suriah barat laut berada di luar kendali Pemerintah Suriah setelah lebih dari satu dekade perang.

Itu dibagi antara tanah yang dikuasai Turki dan oleh Hayat Tahrir Al Sham, kelompok payung milisi yang memiliki hubungan dengan Al Qaeda.

Bantuan hanya dapat datang melalui satu perlintasan perbatasan dari Turki, yang jalan-jalannya telah rusak.

White Helmets, sebuah LSM yang didukung Barat yang beroperasi dengan sekitar 3.000 sukarelawan untuk populasi empat juta, tidak dapat mengirim ribuan orang yang terluka ke Turki, kata Alwan.

Kemarin, Direktur White Helmets Raed Al Saleh bertemu dengan administrator USAID Samantha Power untuk membahas penempatan badan tersebut di barat laut Suriah, namun sejauh ini belum ada pengumuman konkret yang dibuat.

Terpisah, Menteri Pembangunan Inggris Andrew Mitchell pada Hari Selasa mengatakan, mengatur bantuan untuk "ruang tak berpenguasa" di masa perang Suriah adalah "masalah tambahan pada saat putus asa".

Kelangkaan upaya penyelamatan internasional di barat laut Suriah sangat kontras dengan situasi di Turki, yang telah mengumumkan keadaan darurat di 10 provinsi.

Uni Eropa sejauh ini telah memobilisasi 1.186 penyelamat dan 79 anjing pencari untuk Turki. Mereka berasal dari 19 negara Uni Eropa dan negara non-anggota Albania dan Montenegro.

Misi penyelamatan UE adalah bagian dari jaringan perlindungan sipilnya, yang mencakup Turki. Pihak berwenang Turki membuat permintaan bantuan setelah gempa.

Tapi, sejauh ini belum ada yang meminta Uni Eropa untuk membantu Suriah, menurut Komisi Eropa.

Situs web UE menunjukkan bahwa badan-badan PBB dan organisasi internasional terkait, termasuk Federasi Palang Merah Internasional dan Komite Penyelamatan Internasional, semuanya dapat mengajukan permintaan bantuan kemanusiaan darurat.

Seorang perwakilan PBB sebelumnya mengatakan, "secara teknis, pemerintah Suriah yang membuat permintaan itu, bukan PBB". The National News sedang menunggu klarifikasi lebih lanjut dari PBB, IRC dan IFRC pada saat publikasi.

dampak gempa suriah
Dampak gempa di Suriah. (Twitter/@SyrianACD)

Negara-negara dapat mengirimkan bantuan secara bilateral, tetapi UE mendorong mereka untuk berkoordinasi dalam mekanismenya untuk menghindari tumpang tindih.

Meski ada sanksi Uni Eropa dan Amerika Serikat, pemberian bantuan kemanusiaan di wilayah pemerintahan tidak boleh dihalangi, karena ada pengecualian.

Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad pada Hari Selasa mengatakan kepada TV Al Mayadeen Lebanon, dia telah meminta negara-negara Eropa untuk mengirimkan bantuan setelah gempa bumi, dengan mengatakan bahwa sanksi bukanlah alasan untuk tidak melakukannya.

Tim penyelamat hanya memiliki beberapa hari untuk menemukan orang yang masih hidup di bawah reruntuhan. Cuaca musim dingin yang membekukan memperburuk keadaan.

Jens Laerke juru bicara Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan, mengatakan dalam pengarahan pada Hari Selasa, tim penyelamat memiliki "waktu sekitar tujuh hari" untuk menemukan orang hidup.

Terpisah, Kepala delegasi IFRC untuk Suriah, Mads Brinch Hansen mengatakan, di wilayah yang dikuasai pemerintah di Suriah yang terkena dampak gempa bumi, pemerintah, pertahanan sipil, dan layanan kesehatan “kewalahan.”

"Upaya pencarian dan penyelamatan terhambat oleh kurangnya alat berat untuk memindahkan batu bata," ujar Hansen.

"Pihak berwenang tidak memiliki cukup mesin dan mesin untuk disewa dari sektor swasta," tandasnya.