Bina Marga DKI Bangun Jalan Layang Tambah Akses ke JIS
Jakarta International Stadium (JIS)/DOK VOI-Diah Ayu

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Bina Marga DKI Jakarta sedang membangun Jalan Layang Non Tol (JLNT) yang menghubungkan Tol Dalam Kota dan langsung terhubung ke pintu timur Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara.

“Sekarang (konstruksi) sudah kami cor semua, jalan baru,” kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho di Balai Kota Jakarta, dilansir ANTARA, Selasa, 7 Februari.

Nantinya, jalan baru itu menghubungkan jalur tol kemudian turun melalui Jalan Danau Bisma mengelilingi Danau Cincin dan menuju JIS di Kelurahan Papanggo.

Saat ini, lanjut Hari, akses menuju JIS itu memang belum selesai karena masih dalam tahap pengerjaan yang membutuhkan dua tahun perencanaan termasuk penganggaran.

Hari menjelaskan, pembangunan JLNT itu melanjutkan pembukaan akses jalan dari Jalan Danau Bisma menuju JIS yang sudah dilaksanakan sejak tahun lalu.

Selain akses jalan, pihaknya akan membuat taman dan trotoar di pintu keluar JIS yang menghubungkan akses jalan yang baru dibuat itu.

“Tahapannya tahun ini mungkin Maret buat trotoar, sekaligus buat taman, kan sudah buat jalannya. Sama kami buka jalan yang masih di pagar, masuk ke jalan yang kami buat,” katanya.

Menurut Hari, tidak ada lagi pembebasan lahan untuk pembukaan akses jalan dan trotoar di sekitar kawasan JIS.

Pembangunan trotoar diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp16 miliar.

Sedangkan untuk pembangunan JLNT, kata dia, nantinya ada empat paket pengerjaan yang satu paket tersebut diperkirakan menelan anggaran bervariasi mulai Rp8 miliar dan Rp10 miliar.

“Jadi ada empat tahapan empat paket. Jalan selesai, tinggal buka akses pagar plus trotoar sekitar pagar JIS,” katanya.

Sebelumnya, akses jalan di JIS yang kurang memadai dikeluhkan penonton konser grup musik Dewa 19 pada Sabtu (4/2) karena akses pintu keluar di stadion berkapasitas sekitar 82 ribu orang itu hanya melalui dua gerbang, yakni barat dan timur.