Bagikan:

JAKARTA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut gempa M 7,8 sebagai bencana bersejarah dan gempa terburuk yang melanda negara itu sejak 1939. Gempa yang juga menyasar ke Suriah akhirnya melumpuhkan kedua negara itu.

Dunia tersengat. Uluran tangan masyarakat global mengalir deras kepada dua negara itu. Apalagi Suriah yang sebelum gempa menerjang, masih kerepotan dengan mengurusi peperangan tanpa akhir.

Dikutip dari berbagai sumber, Selasa 7 Februari, banyak negara sudah menawarkan bantuan kepada Suriah dan Turki. Obat-obatan hingga tim reaksi cepat siap dikirim ke Turki dan Suriah.

Australia dan Selandia Baru

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese janji akan memberi bantuan pertama sebesar 10 juta dolar yang akan disalurkan ke kelompok-kelompok kemanusiaan.

Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins, yang mengunjungi Australia, juga mengumumkan bahwa pemerintahnya akan memberikan bantuan $1,5 juta.

Korea Selatan

Korea Selatan melalui Presiden Yoon Suk-yeol sudah mengeluarkan perintah untuk mengirim penyelamat dan peralatan medis darurat.

"Yoon memerintahkan lembaga pemerintah terkait... untuk memberikan langkah-langkah dukungan tambahan jika diperlukan oleh Turki," kata sebuah pernyataan.

Amerika Serikat

Dua unit penyelamat AS dikirim untuk pergi ke Turki. AS untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan yang sedang berlangsung di Turki. Duta Besar AS untuk Turki, Jeff Flake, mengatakan dua unit akan dikerahkan.

Departemen Pemadam Kebakaran Wilayah Los Angeles juga mengirim mengirim 78 anggota tim Pencarian dan Penyelamatan Perkotaan (USAR) mereka ke Turki.

Atas permintaan Biro Bantuan Kemanusiaan (BHA), pemadam kebakaran mengirimkan tim USAR, yang dikenal sebagai USA-2, dan tujuh personel tambahan untuk membantu operasi, kata mereka.

Tim akan berangkat Senin malam dan dapat dikerahkan selama dua minggu atau lebih, kata departemen itu.

“Tim USAR ini adalah yang terbaik dari yang terbaik dan akan berperan penting dalam menyelamatkan nyawa dan menyelamatkan orang-orang yang terus terjebak di bawah reruntuhan,” kata Kathryn Barger, pengawas distrik kelima Los Angeles County, dalam rilisnya.

Tim USAR termasuk spesialis penyelamat, dokter, tim pencarian K-9 dan insinyur struktural yang telah menghabiskan banyak waktu pelatihan untuk acara ini, kata Kepala Pemadam Kebakaran Los Angeles Anthony Marrone dalam konferensi pers Senin malam.

“Tim ini sangat terampil dan elit dalam pencarian dan penyelamatan perkotaan dan dilatih khusus untuk membantu upaya penyelamatan, terutama dalam gempa bumi seperti yang baru saja melanda Turki tengah atau tenggara,” kata Marrone.

Jepang

Jepang telah mengirim Tim Penyelamat Penanggulangan Bencana sebagai tanggapan atas gempa bumi di Turki dan Suriah.

“Atas permintaan Pemerintah Turki, dan mengingat perspektif kemanusiaan dan hubungan persahabatan Jepang dengan Turki, Jepang telah memutuskan untuk memberikan bantuan darurat ini kepada Turki untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaannya,” bunyi pernyataan itu.

Tim Penyelamat Bantuan Bencana berangkat ke Turki pada Senin malam untuk mendukung operasi pencarian dan penyelamatan, bunyi pernyataan itu.