Olimpiade 2024 di Prancis, Rusia Belum Tentu Diikutsertakan
Logo Olimpiade Paris 2024 (olympics.com)

Bagikan:

PARIS - Prancis selaku tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2024, tidak dapat memutuskan terkait keikutsertaan atlet Rusia dalam ajang itu, seperti disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Prancis Anne-Claire Legendre Sabtu kemarin

“Kami adalah tuan rumah Olimpiade yang akan datang, tapi status ini tidak membuat kami mampu memutuskan (mengenai keikutsertaan atlet Rusia),” kata Anne dikutip ANTARA, Minggu 5 Februari.

Legendre mengatakan bahwa keputusan ini seharusnya ditetapkan oleh Komite Internasional Olimpiade (IOC) yang saat ini sudah bisa diketahui  atau setidaknya mengetahui mengenai pembahasan yang berlangsung di IOC.

“Kita akan lihat keputusan apa yang akan diambil,” tambah dia.

Pada 2 Februari sejumlah menteri olahraga dari Lithuania, Latvia, Estonia dan Polandia menyerukan kepada IOC dan federasi olahraga internasional untuk melarang atlet Rusia dan Belarus bertanding pada Olimpiade di Paris pada 2024.

Di akhir Februari, IOC merekomendasikan federasi internasional melarang atlet Rusia dan Belarus untuk ikut serta dalam pertandingan internasional atas perkembangan di Ukraina.

Pada 25 Januari IOC mengeluarkan rekomendasi lain yang menyarankan agar para atlet yang tidak mendukung operasi militer untuk dapat ikut serta dalam event internasional itu sebagai wakil netral.

Presiden Komite Olimpiade Rusia Stanislav Pozdnyakov mengatakan bahwa IOC tidak meminta atlet Rusia mengecam operasi militer tersebut.