Surya Paloh Beri Kode Ingin Temui Megawati, PDIP: NasDem Kan Sudah Punya Capres Berbeda
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (DOK VOI/Wardhany Tsa Tsia)

Bagikan:

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) akan menangkap dulu maksud kode dari Ketua Umum NasDem Surya Paloh yang ingin bertemu ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri. Tujuan dan dialog pertemuan itu harus jelas.

"Pak Surya Paloh kan bilang, ada kode-kodenya. Kodenya harus kita tangkap dulu, kodenya untuk apa. Untuk kepentingan bangsa dan negara, untuk kode elektoral, (atau, red) untuk kode capres-cawapres," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat, 3 Februari.

Jika kode pertemuan itu untuk membahas elektoral terkait calon presiden dan wakilnya maka hal itu tidak sejalan dengan partainya. Apalagi, Hasto bilang, Megawati sebagai Ketua Umum PDIP selalu bilang nama yang akan diusung adalah kader internal partai.

Lagipula, NasDem sudah mengumumkan lebih dulu calon presiden mereka, yaitu eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "Kalau untuk kode capres-cawapres, kan, NasDem sudah punya capres," tegasnya.

Selain itu, PDIP juga akan mengusung capres yang bisa memimpin dan punya kualitas. Hal ini sesuai dengan pernyataan Megawati.

"Pidato Ibu Mega kan capres PDIP dari kader yang berprestasi bukan capres yang pintar berpoles diri," ujar Hasto.

Meski begitu, Hasto memastikan partainya tetap membuka diri untuk berdialog dengan partai lain. Apalagi, jika isinya terkait masa depan bangsa.

"PDIP prinsipnya sebagai partai yang mengedepankan gotong royong, yang mengedepankan dialog-dialoga ini untuk menyelesaikan masalah bangsa dan negara, tapi juga untuk desain masa depan. Jadi kita terbuka," ungkap dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh melempar kode ingin berkunjung ke PDIP. Namun, mereka masih menunggu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meluangkan waktunya.

"Saya pikir keinginan untuk itu sih ada saja, tinggal atur saja. Kita kasih kode-kode dulu, kita minta barangkali kapan Ibu Mega ada waktu yang baik, ya kan," kata Surya Paloh di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu, 1 Februari.

Dia berharap, Megawati nantinya memiliki suasana kebatinan dan harapan yang sama. Sehingga pertemuan antara NasDem dan PDIP bisa terwujud.

"Mudah-mudahan suasana kebatinan sama, harapan, penerimaan sama. Jadi jelas ada dong (keinginan berkunjung ke PDIP, red)," katanya.