Swasta Janjikan Hadiah Rp1 Miliar Bagi Tentara Rusia yang Bisa Hancurkan Tank Barat, Kremlin: Bukti Persatuan
Ilustrasi pengiriman tank M1 Abrams Amerika Serikat. (Wikimedia Commosn/Eben Boothby)

Bagikan:

JAKARTA - Kremlin menyambut baik tawaran "pemberian hadiah" dari perusahaan Rusia untuk tentara yang menghancurkan tank buatan Barat di medan perang Ukraina.

Tak hanya itu, Kremlin menyebut hal itu juga akan memacu pasukan Rusia menuju kemenangan.

Perusahaan Rusia Fores minggu ini menawarkan uang tunai 5 juta rubel atau sekitar Rp1.063.483.811, kepada tentara pertama yang menghancurkan atau menangkap tank Abrams atau Leopard 2 Jerman buatan AS di Ukraina.

Pada Hari Rabu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pasukan Rusia akan "membakar" setiap tank Barat yang dikirim ke Ukraina, menambahkan hadiah tersebut merupakan dorongan ekstra bagi tentara Rusia.

"Ini membuktikan persatuan dan keinginan semua orang untuk berkontribusi sebaik mungkin, dengan satu atau lain cara, secara langsung atau tidak langsung, untuk mencapai tujuan operasi militer khusus," kata Peskov kepada wartawan, dikutip dari Reuters 2 Februari.

"Untuk tank-tank ini, kami sudah mengatakan akan terbakar. Dengan insentif seperti itu, saya pikir peminatnya akan lebih banyak lagi," sambung Peskov.

Diketahui, tank-tank buatan Barat - jauh lebih canggih dari apa pun yang digunakan oleh Ukraina atau Rusia dalam konflik sejauh ini - tidak mungkin tiba di garis depan di timur dan selatan Ukraina selama beberapa bulan ke depan.