Pemprov DKI Bakal Bangun Saringan Sampah Kedua di Kali Pesanggrahan
Ilustrasi. Sejumlah petugas Penangan Prasaran dan Sarana Umum (PPSU) membersihkan sampah di Waduk Pluit, Jakarta, Minggu 25 November 2022. (Antara-Fakhri H)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta berencana membangun sistem penyaringan sampah di aliran Kali Pesanggrahan. Saringan sampah ini merupakan proyek kedua setelah sebelumnya dibangun di Kali Ciliwung.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan persiapan berupa kajian mengenai penetapan lokasi saringan sampah hingga perencanaan anggarannya.

"Kita upayakan nanti rencananya di Kali Pesanggrahan. Kita sedang bikin kajiannya untuk titik lokasinya kemudian berapa anggaran yang dibutuhkan," kata Asep kepada wartawan, Kamis, 2 Februari.

Asep menargetkan, penyusunan kajian perencanaan saringan sampah Kali Pesanggrahan akan selesai pada bulan Juni mendatang. Setelah itu, tahapan berlanjut pada proses pembebasan lahan dan bangunan warga hingga pengerjaan konstruksinya.

"Nanti kita coba alokasikan pembebasan lahannya dan (pengerjaan) fisiknya di tahun 2024," ujar Asep.

Dalam kesempatan itu, Asep juga menjelaskan progres pengerjaan saringan sampah pertama di Kali Ciliwung, tepatnya pada segmen TB Simatupang, Jakarta Selatan, yang kini belum selesai.

Pembangunan saringan yang bisa menampung sampah 40 m3/hari ini telah direncanakan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sejak tahun 2018. Namun, akibat pandemi COVID-19, proyek dengan anggaran Rp195 miliar ini baru terlaksana pada 2022.

Ada satu kendala pengerjaan saringan sampah Kali Ciliwung, yakni tersendatnya proses pembebasan lahan. Masalah pembebasan lahan ini mengakibatkan target pengerjaan molor tiga bulan.

"Harusnya memang bulan Januari. Karena ada hambatan di lahan, jadi kita kasih perpanjangan waktu. Pembebasan lahannya itu mundur selama 3 bulan. Sehingga, kita targetkan penyelesaian pegerjaan fisiknya di tanggal 26 Maret mendatang," jelasnya.