Aceh Besar Alami Fenomena Pergeseran Tanah dengan Kedalaman 1,3 Meter
Tempat usaha warga rusak akibat pergeseran tanah di Desa Suka Damai, Lembah Seulawah, Aceh Besar yang terjadi sejak Kamis (26/1) yang kini semakin meluas/ ANTARA/HO-BPBD Aceh Besar

Bagikan:

BANDA ACEH - Tanah di Desa Suka Damai, Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar mengalami pergeseran sejak sepekan terakhir, dan kondisinya semakin meluas hingga mencapai kedalaman 1,3 meter.

"Pada hari ini setelah dilakukan peninjauan ulang serta laporan dari masyarakat maka kejadian pergeseran tanah sudah semakin meluas mencapai 1,3 meter," kata Kepala BPBD Aceh Besar Ridwan Jamil dilansir ANTARA, Rabu, 1 Februari.

Akibat pergeseran tanah itu, kata Ridwan, ada dua unit bangunan tempat usaha jajanan keripik khas daerah setempat di jalan Nasional Banda Aceh-Medan milik Aswadi (37) dan Khairul (60) rusak berat dan tidak mungkin untuk ditempati lagi.

Pihaknya juga telah meninjau lokasi terdampak dan membantu pemilik usaha memindahkan barang-barang dagangan dari tempat yang sudah rusak berat tersebut.

"Untuk tempat usaha juga dijadikan sebagai tempat tinggal, tetapi pemilik tersebut juga mempunyai rumah, sehingga mereka tidak harus mengungsi," ujarnya.

Pergeseran tanah tersebut sejauh ini disebabkan karena adanya hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah pegunungan itu.

"Akibat tingginya intensitas curah hujan yang terjadi beberapa hari ini, untuk kondisi cuaca secara visual hari ini sudah cerah," kata Ridwan Jamil.

Sejauh ini, lalu lintas di kawasan tersebut masih mengalami kemacetan akibat harus dilakukan sistem buka tutup kepada pengendara dari Banda Aceh-Medan dan sebaliknya.